Search :

Advance


REVIEW DESIGN BENDUNG ALUE GEUREUTUT KABUPATEN BIREUEN

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang EMA RAHMITA - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas Fakultas Teknik
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

Bendung merupakan bangunan air yang sangat diperlukan dalam menunjang pemenuhan kebutuhan air irigasi. Bendung Daerah Irigasi Alue Geureutut yang terletak di Desa Alue Dua Kecamatan Makmur Kabupaten Bireuen direncanakan mampu mengairi Daerah Irigasi Alue Geureutut seluas 1000 Ha dengan pengerjaan konstruksi bendung masih sedang berjalan tahun 2017 ini. Tugas akhir ini membahas tentang perencanaan Bendung Alue Geureutut dengan tinjauan terhadap analisis hidrologi, analisis hidraulis bendung, dan analisis terhadap stabilitas bendung. Tujuan dari perencanaan ini adalah melakukan evaluasi terhadap perencanaan Bendung Alue Geureutut. Metode perencanaan ini diawali dengan pengumpulan data sekunder berupa data topografi, data hidrologi, data geologi, dan Detail Engineering Design (DED) yang diperoleh dari Dinas Pengairan Provinsi Aceh. Selanjutnya dilakukan analisis hidrologi yang meliputi analisis terhadap debit banjir dengan langkah melakukan analisis terhadap karakteristik DAS, analisis hujan DAS, analisis hujan rencana, dan analisis terhadap intensitas hujan serta hyetograph. Kemudian analisis terhadap bangunan hidrolis bendung mencakup analisis terhadap mercu bendung, kolam olak, kantong lumpur, bangunan pengambilan, bangunan penguras, dan tembok tepi serta analisis terhadap stabilitas debit rendah maupun debit banjir pada bendung. Hasil yang diperoleh berupa debit banjir rencana sebesar 102,589 m3/dt sehingga dapat ditentukan jenis mercu dengan tipe ogee I pada ketinggian +70,00 m dan jenis kolam olak adalah tipe USBR III dengan panjang 10,23 m pada ketinggian +66,202 m. Sedangkan berdasarkan kebutuhan air intake, direncanakan kantong lumpur dengan panjang 7,128 m dan lebar 5,417 m dan bangunan pengambilan diperlukan tiga bukaan dengan lebar 1,3 m dan dua pilar dengan lebar 0,7 m, serta bangunan penguras diperlukan dua bukaan dengan lebar 1,2 m dan satu pilar dengan lebar 0,75 m.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

REVIEW DESIGN BENDUNG SIGULAI KABUPATEN SIMEULUE PROVINSI ACEH (BERYL CHOLIQ AR, 2017)

KAJIAN ALIRAN PADA MODEL BENDUNG MERCU DATAR (Agus Setiawan, 2015)

ANALISIS REMBESAN DI BAWAH BANGUNAN UTAMA BENDUNG BATE CUT LEM KABUPATEN BIREUEN (Zulfazly Putra, 2014)

BIREUEN SPORTS CENTER (Fitri Muliani, 2017)

KAJIAN PENGARUH VARIASI SUDUT PADA BENDUNG PELIMPAH TIPE SEGITIGA TERHADAP TINGGI ALIRAN DI ATAS MERCU (Pudia Fachrina, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.