//

HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN KEPATUHAN DIET PADA PASIEN PENYAKIT JANTUNG KORONER DI POLIKLINIK JANTUNG RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang LENNY JULIANI LESTARI - Personal Name
SubjectHEMODIALYSIS
HEART DISEASE - DRUGS
Bahasa Indonesia
Fakultas fakultas keperawatan universitas syiah kuala
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

KEMENTERIAN RISET, TEKNOLOGI DAN PENDIDIKAN TINGGI UNIVERSITAS SYIAH KUALA FAKULTAS KEPERAWATAN SKRIPSI 15 Juni 2017 xvi + VI BAB + 94 halaman + 20 tabel + 1 skema + 19 lampiran LENNY JULIANI LESTARI 1307101020068 HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN KEPATUHAN DIET PADA PASIEN PENYAKIT JANTUNG KORONER DI POLIKLINIK JANTUNG RUMAH SAKIT UMUM DAERAH dr. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH ABSTRAK Pasien penyakit jantung koroner (PJK) menjalani terapi diet dalam waktu yang lama sehingga menimbulkan kendala seperti kejenuhan terhadap menu diet dan kurangnya waktu khusus dalam mempersiapkan makanan sesuai diet. Untuk itu, dibutuhkan dukungan keluarga dalam meningkatkan kepatuhan diet agar keberhasilan pengobatan dapat tercapai. Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan dukungan keluarga dengan kepatuhan diet pada pasien penyakit jantung koroner di Poliklinik Jantung Rumah Sakit Umum Daerah dr. Zainoel Abidin Banda Aceh. Jenis penelitian adalah deskriptif korelatif dengan desain cross sectional study. Responden dalam penelitian sebanyak 96 pasien PJK dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara terpimpin menggunakan kuesioner dukungan keluarga dan kepatuhan diet yang dikembangkan oleh peneliti dengan skala Likert pada 38 item pernyataan. Analisis data menggunakan uji Spearman Rank. Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan antara dukungan keluarga dengan kepatuhan diet pasien PJK ( p-value 0,03); secara khusus ada hubungan antara dukungan sosial (p-value 0,008), dukungan penilaian (p-value 0,012), dukungan tambahan (p-value 0,001), dukungan emosional (p-value 0,043) dengan kepatuhan diet pada pasien PJK, sehingga disimpulkan ada hubungan dukungan keluarga dengan kepatuhan diet pasien PJK. Keluarga diharapkan dapat memberikan dukungan secara bekelanjutan sebagai upaya untuk meningkatkan kepatuhan diet pasien dan menyediakan menu diet yang sesuai. Bagi tenaga kesehatan dapat memberikan informasi terkait pentingnya pengaturan diet serta memberikan contoh menu diet yang sesuai dengan takaran rumah tangga. Bagi pengambil kebijakan di Rumah Sakit Umum Daerah dr. Zainoel Abidin Banda Aceh agar bisa meningkatkan pelayanan dengan memfasilitasi pemberian informasi tentang diet dengan menyediakan media booklet, leaflet dan poster. Kata kunci : Dukungan Keluarga, Kepatuhan Diet, Penyakit Jantung Koroner Sumber bacaan : 13 buku + 5 buku ajar + 16 jurnal + 7 sumber online (2000-2016)

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN TINGKAT KECEMASAN PASIEN PENYAKIT JANTUNG KORONER DI RUMAH SAKIT DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (zakiarrahman, 2016)

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPATUHAN DIET PASIEN GAGAL JANTUNG KONGESTIF DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (ULPANA, 2018)

HUBUNGAN KECEMASAN DENGAN KUALITAS HIDUP PASIEN GAGAL JANTUNG DI POLIKLINIK JANTUNG RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH TAHUN 2016 (RINA RISMAYA, 2016)

HUBUNGAN OBESITAS TERHADAP PENYAKIT JANTUNG KORONER DI POLI KLINIK JANTUNG RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR.ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Aisyatun, 2014)

HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN MOTIVASI DIET RENDAH NATRIUM PADA PASIEN HIPERTENSIRNDI POLIKLINIK PENYAKIT DALAM RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEHRNTAHUN 2013 (RAISHA ISWATINA, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy