Search :

Advance


ANALISIS PERILAKU PORTAL BIDANG (PLANE FRAME) BAJA HOLLOW YANG DIISI MORTAR FAS 0,4 DENGAN VARIASI UKURAN PROFIL

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Aris Abdillah - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

Dalam pelaksanaan konstruksi, material merupakan unsur yang sangat penting untuk mewujudkan suatu konstruksi yang kuat dan tahan lama. Salah satu material yang mulai banyak digunakan adalah baja hollow. Profil baja hollow mulai dicoba pada bagian struktural seperti kolom, balok, dan rangka jembatan sederhana. Kelemahan dari struktur profil baja hollow yaitu tidak solid karena terdapat lubang pada bagian dalam hollow dan mudah mengalami tekuk. Mortar beton merupakan salah satu alternatif material yang dapat digunakan untuk mengisi kekosongan pada lubang profil baja hollow. Pemilihan mortar beton sebagai bahan pengisi bertujuan agar lebih mudah dan lebih padat saat diisi ke dalam profil baja hollow. Penggabungan profil baja hollow dan mortar beton akan mempengaruhi kapasitas dan daktilitas dimana baja hollow memberikan kuat tarik tinggi dan mortar beton memperkuat kuat tekan pada struktur profil. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai kapasitas dan daktilitas dari portal bidang baja hollow dengan bahan pengisi mortar dan variasi ukuran profil baja hollow. Manfaat dari penelitian ini adalah diharapkan dapat menjadi acuan dalam menganalisa perilaku struktur profil baja hollow yang diisi mortar dan dapat diaplikasikan pada konstruksi bagian struktural seperti kolom, balok, dan jembatan sederhana. Dimensi profil baja hollow yang digunakan adalah 30/60 mm, 40/80 mm, dan 50/100 mm dengan ketebalan 1,3 mm dan ketinggian rangka 500 mm. Nilai faktor air semen (FAS) mortar adalah 0,4 dan ditambahkan sika viscocrete-10. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semakin besar ukuran profil yang digunakan maka semakin besar beban yang mampu diterima, tetapi lendutan yang terjadi tidak signifikan pada benda uji portal bidang. Beban maksimum dan lendutan maksimum untuk benda uji PBP-30/60 yaitu 10,28 ton dan 10,40 mm, PBP-40/80 yaitu 13,24 ton dan 25,64 mm, dan PBP-50/100 yaitu 15,58 ton dan 6,14 mm. Indeks daktilitas untuk PBP-30/60, PBP-40/80, dan PBP-50/100 adalah 1,48, 2,66, dan 1,22.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS PERILAKU PORTAL BIDANG (PLANE FRAME) BAJA HOLLOW YANG DIISI MORTAR FAS 0,4 DENGAN VARIASI KETEBALAN PROFIL (Rahmi Limana Darwin, 2017)

ANALISIS PERILAKU RANGKA BIDANG (PLANE TRUSSES) BAJA HOLLOW YANG DIISI MORTAR DENGAN VARIASI FAKTOR AIR SEMEN (FAS) (Natasya Amalia, 2016)

ANALISIS KAPASITAS RANGKA BIDANG (PLANE TRUSS) BAJA HOLLOW YANG DIISI MORTAR FAS 0,4 DENGAN VARIASI UKURAN PROFIL (Armia, 2016)

ANALISIS PERILAKU RANGKA BIDANG (PLANE TRUSSES) BAJA HOLLOW YANG DIISI MORTAR FAS 0,4 DENGAN VARIASI KETEBALAN PROFIL (SUATU PENELITIAN PADA BAJA HOLLOW UKURAN PROFIL 40/80 MM DENGAN VARIASI KETEBALAN PROFIL 1,1 MM, 1,3 MM DAN 1,5 MM) (Baby Yoanna Catteleya, 2016)

ANALISIS PERILAKU RANGKA BIDANG (PLANE TRUSSES) BAJA HOLLOW YANG DIISI MORTAR FAS 0,4 DENGAN VARIASI UKURAN PROFIL (Putri Istiqamah, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.