Search :

Advance


HUBUNGAN ANTARA HARGA DIRI DENGAN AGRESI PADA SUPORTER SEPAK BOLA DI BANDA ACEH

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Haris Rahmad Savijar - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas Fakultas Kedokteran
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

Suporter sepak bola tidak dapat terpisahkan dengan kesebelasan sepak bola. Suporter sepak bola dapat memberikan dampak yang positif, namun juga dapat menimbulkan dampak negatif. Salah satu dampak negatif yang dapat ditemui pada supporter adalah agresi,seperti agresi verbal dan non verbal. Harga diri diketahui sebagai salah satu faktor yang berhubungan dengan agresi. Rendahnya harga diri akan menimbulkan perasaan negatif mengenai diri sehingga lebih memungkinkan melakukan penyerangan terhadap orang lain. Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan antara harga diri dengan agresi pada suporter sepak bola di Banda Aceh,yang menggunakan metode kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel yaitu quota sampling dengan jumlah subjek 100 orang supporter sepak bola yang terdiri dari 89 Laki-laki dan 11 Perempuan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan skala adaptasi Rosenberg Self-Esteem Scale (RSES) dengan koefisien reliabilitas 0,567 dan skala adaptasi The Aggression Questionnaire (TAQ) dengan koefisien reliabilitas 0,847. Hasil analisa data menggunakan Pearson product-moment correlation menunjukkan koefisien korelasi(r) sebesar-0,189 dengan nilai p=0,059 (p>0,05). Hal ini menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan antara harga diri dengan agresi pada suporter sepak bola di Banda Aceh. Hasil penelitian menunjukkan mayoritas bahwa tingkat harga diri pada suporter sepak bola di Banda Aceh tergolong sedang-tinggi, sedangkan tingkat agresinya tergolong sedang-rendah. Tidak terdapat hubungan antara kedua variabel disebabkan diantaranya karena tidak ditemukannya hal-hal yang dapat mengancam hargadiri suporter,selain itu tidak tampak pula faktor-faktor (internal/eksternal) yang dapat memicu terjadinya agresi seperti tidak terdapat provokasi yang mengarah pada frustrasi, kondisi lingkungan (stadion) yang tidak penuh sesak, serta faktor budaya berupa nilai-nilai saling menghargai. Kata kunci: Harga diri, Agresi, Suporter sepak bola

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PERMAINAN SEPAK BOLA PADA DIRI SISWA DI SD NEGERI 1 MERDUATI BANDA ACEH (INDAH WAHYUNI, 2017)

EVALUASI TINGKAT KARDIOVASKULER RESPIRASI PEMAIN SEPAK BOLA KLUB PERSERU ACEH BESAR RNTAHUN 2012 (mardianus, 2014)

HUBUNGAN ANTARA KONTROL DIRI DENGAN PERILAKU AGRESI PADA SISWA SMA DI BANDA ACEH (Shinta Alfira, 2017)

HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL(EQ)DENGAN KETERAMPILAN MENGGIRING BOLA PADA CLUB TUNGKOP UNITED ACEH BESAR (RONI IKHWAL, 2015)

HUBUNGAN POWER OTOT TUNGKAI DAN KESEIMBANGAN TERHADAP KEMAMPUAN SHOOTING PADA TIM SEPAK BOLA SMA NEGERI 5 BANDA ACEH (iskandar, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.