//

HUBUNGAN PERASAAN KETIDAKBERDAYAAN DENGAN KUALITAS HIDUP PASIEN ULKUS DIABETIK DI POLIKLINIK ENDOKRIN RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Febriyani - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Menderita suatu penyakit akan membuat individu merasakan perasaan ketidakberdayaan, termasuk penyakit yang disebabkan oleh gangguan sistem endokrin, seperti ulkus diabetik. Perasaan ketidakberdayaan dapat mengurangi rasa percaya diri pasien dalam pengobatan, sehingga berdampak negatif terhadap kualitas hidup. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan perasaan ketidakberdayaan dengan kualitas hidup pasien ulkus diabetik di Poliklinik Endokrin Rumah Sakit Umum Daerah dr. Zainoel Abidin Banda Aceh. Jenis penelitian ini adalah descriptive correlative dengan desain penelitian cross sectional study. Responden dalam penelitian ini adalah pasien ulkus diabetik dengan grade II-V sebanyak 66 orang yang diperoleh dengan metode purposive sampling. Kuesioner dalam penelitian adalah kuesioner baku The Powerlessness Assessment Tool for Adult Patient (PAT) dan kualitas hidup dari WHOQOL-BREF 2012. Hasil penelitian menunjukkan perasaan ketidakberdayaan berada pada kategori berat dengan jumlah responden 42 orang (63,6%) dan kualitas hidup pasien berada pada kategori kurang dengan jumlah responden 34 orang (97,1%). Dari hasil pengolahan data diperoleh nilai P-Value = 0,00 sehingga H0 ditolak yang berarti terdapat hubungan antara perasaan ketidakberdayaan dengan kualitas hidup pasien ulkus diabetik di Poliklinik Endokrin Rumah Sakit Umum Daerah dr. Zainoel Abidin Banda Aceh. Diharapkan bagi perawat di Poliklinik Endokrin Rumah Sakit Umum Daerah dr. Zainoel Abidin Banda Aceh agar dapat memberikan dukungan mental, dukungan informasi, serta pendidikan kesehatan kepada pasien sehingga perasaan ketidakberdayaan pasien dapat berkurang, memiliki optimisme dalam penyembuhan luka, dan pasien mempersepsikan kualitas hidupnya menjadi lebih baik. Kata Kunci : Perasaan Ketidakberdayaan, Kualitas Hidup, Ulkus Diabetik Sumber Bacaan: 17 buku + 3 jurnal + 3 artikel + 1 tesis + 7 sumber online (1998-2017)

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN SPIRITUALITAS DENGAN HARGA DIRI PASIEN ULKUS DIABETIK DI POLIKLINIK ENDOKRIN RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH TAHUN 2014 (cut nurul linda, 2014)

PERBANDINGAN REAKSI EMOSIONAL PASIEN ULKUS DIABETIK BERDASARKAN LAMANYA INFEKSI DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (sumiati, 2016)

HUBUNGAN KONSEP DIRI DENGAN PERAWATAN KAKIRNPADA PASIEN ULKUS DIABETIK DI POLIKLINIK RNENDOKRIN RUMAH SAKIT UMUM DAERAH RNDR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (SRI MAWAR, 2015)

HUBUNGAN PEMBERIAN INFORMASI KESEHATAN DENGAN ADAPTASI PSIKOSOSIAL PADA PASIEN ULKUS DIABETIK DI POLIKLINIK ENDOKRIN RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH TAHUN 2014 (Najhin Nura, 2014)

HUBUNGAN MEKANISME KOPING DENGAN KUALITAS HIDUP PADA PASIEN GANGGREN DIABETIK DI POLIKLINIK ENDOKRIN RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH TAHUN 2013 (Yurike, S. Kep, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Tahun Terbit

   

Prodi

   

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.