Search :

Advance


ANALISIS KINERJA JALAN TERHADAP PELEBARAN JEMBATAN LAMNYONG BANDA ACEH

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Novia Rezeki M - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Sebelum penggandaan jembatan, kondisi Jembatan Lamnyong sebagai prasarana transportasi yang menghubungkan pusat Kota Banda Aceh menuju ke kampus Universitas Syiah Kuala Darussalam dan kampus UIN Ar-Raniry sangat padat pada jam sibuk. Pengguna Jembatan Lamnyong semakin bertambah sehingga menimbulkan kemacetan pada jam puncak dan dari kemacetan tersebut dapat menimbulkan resiko bagi jembatan itu sendiri sehingga salah satu solusinya adalah dengan melakukan pelebaran jembatan untuk mengurai kemacetan lalu lintas. Pelebaran jembatan tersebut akan mampu menambah lajur kendaraan yang akhirnya akan mengurangi kepadatan lalu lintas. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa kinerja jalan dan jembatan terhadap pembangunan Jembatan Lamnyong tersebut untuk memperkirakan angka derajat kejenuhan DS yang dihasilkan setelah pembangunan pelebaran jembatan. Penelitian ini dilakukan pada dua segmen yaitu oprit jembatan dari Jalan Teuku Nyak Arief menuju Darussalam dan pada ruas jalan di pengalihan jalan sementara melewati Pasar Rukoh dengan total panjang segmen ± 450 meter. Pelebaran jembatan sebesar 9,2 meter dengan panjang ± 300 meter. Data yang dikumpulkan adalah data geometrik, volume lalu lintas kemudian diolah untuk mendapatkan nilai kapasitas dan derajat kejenuhan. Volume kendaraan yang diperoleh merupakan hasil prediksi sebelum jembatan tersebut beroperasi. Hasil yang diperoleh yang dibagi menjadi menjadi dua segmen derajat kejenuhan (DS) rata-rata adalah 0,35 dengan nilai derajat kejenuhan yang dihasilkan setelah pertumbuhan arus lalu lintas selama 2 tahun pada 2016-2018 sebesar 0,50 yang menunjukkan bahwa pembangunan pelebaran jembatan tersebut efektif dan optimal. Kata Kunci : Kemacetan, Pelebaran, Jembatan, Lamnyong;

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS KINERJA JALAN DAN JEMBATAN KRUENG CUT UNTUK MENGURANGI BEBAN VOLUME JEMBATAN LAMNYONG(STUDI KASUS JALAN MALAHAYATI-JALAN UTAMA RUKOH) (Lisa Aditya, 2015)

ANALISIS BIAYA OPERASIONAL KENDARAAN (BOK) DAN NILAI WAKTU PERJALANAN DI RUAS JALAN SIMPANG LAMREUNG – DARUSSALAM (FARHAN ANWAR FUADI, 2014)

IDENTIFIKASI KARAKTERISTIK JEMBATAN LAMNYONG MENGGUNAKAN METODE GROUND PENETRATING RADAR (GPR) (Zakia Masrurah, 2015)

STUDI PENATAAN ARUS LALU LINTAS SIMPANG JEMBATAN LAMNYONG - LAMREUNG DENGAN UNDERPASS MENGGUNAKAN VISSIM 6.00-22 (Muhammad Rico Adetya, 2017)

PENGARUH PENYEMPITAN JALAN PADA JEMBATAN (BOTTLENECK) TERHADAP KARAKTERISTIK LALU LINTAS (STUDI KASUS : JEMBATAN LAMNYONG, JALAN TEUKU NYAK ARIEF BANDA ACEH) (A R I A D I, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.