Search :

Advance


PENGARUH PERNIKAHAN DINI TERHADAP KESEJAHTERAAN KELUARGA DI GAMPONG KUTA BAHAGIA, KABUPATEN ACEH BARAT DAYA

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Rahmiyanti - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas Fakultas KIP
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Rahmiyanti. 2017. Pengaruh Pernikahan Dini Terhadap Kesejahteraan Keluarga di Gampong Kuta Bahagia, Kabupaten Aceh Barat Daya. Skripsi, Jurusan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah kuala. (1) Dr. Anizar Ahmad, M.Pd.,(2) Dra. Fitriana, M.Si Kata Kunci: pengaruh pernikahan dini terhadap kesejahteraan keluarga Pernikahan dini adalah pernikahan yang dilakukan oleh pasangan yang berusia dibawah umur 21 tahun baik itu pria maupun wanita. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya pernikahan dini dan pengaruh pernikahan dini terhadap kesejahteraan keluarga di Gampong Kuta Bahagia, Kabupaten Aceh Barat Daya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Responden terdiri atas tujuh orang yang berstatus sebagai istri. Teknik pengumpulan data melalui wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyebab dan pengaruh terjadinya pernikahan dini di Gampong Kuta Bahagia, Kabupaten Aceh Barat Daya, dari ketujuh responden memberi jawaban yang berbeda, juga cara mengatasi permasalahan yang kadang kala harus mereka hadapi. Ada diantara mereka yang menikah di usia dini disebabkan dari beberapa hal seperti faktor ekonomi, married by accident, perjodohan, karena cinta dan paksaan dari orang tua yang mengharuskan mereka menikah pada usia dini. Kecuali itu ada juga pasangan dari pernikahan usia dini, namun merasa bahagia dengan pasangannya. Dan hal ini juga dibenarkan dari beberapa narasumber yaitu: ibu kandung, ibu mertua, kakak perempuan dan tetangga lainnya. Pengaruh pernikahan dini terdapat berbagai macam dampak yang ditimbulkan seperti konflik yang berkepanjangan, keguguran, dan perceraian. Agar masyarakat khususnya orang tua dan juga bagi pasangan muda Gampong Kuta Bahagia, sebaiknya lebih mementingkan pendidikan anaknya, minimal tingkat SMA dan juga sebaiknya diperhitungkan terlebih dahulu resiko apa yang akan dihadapi, bila menikah diusia dini.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

TANGGAPAN MASYARAKAT TERHADAP PERNIKAHAN DINI DI KECAMATAN PIDIE (RAHMAYANI, 2014)

DAMPAK PERNIKAHAN USIA DINI TERHADAP KEHARMONISAN DALAM KELUARGA(SUATU STUDI DI KECAMATAN SEUNAGAN KABUPATEN NAGAN RAYA) (YANNY BADRIYAH, 2015)

MANFAAT DANA BADAN USAHA MILIK GAMPONG (BUMG) BAGI KELOMPOK USAHA (SUATU KAJIAN PADA KELOMPOK USAHA BINA BERSAMA DI DESA LADANG TUHA 1 KECAMATAN LEMBAH SABIL KABUPATEN ACEH BARAT DAYA) (RAHMI SILVIA, 2016)

KINERJA PEMERINTAHAN GAMPONG DI KABUPATEN ACEH BESAR (Hasanuddin, 2015)

PERAN GANDA ISTRI NELAYAN GAMPONG LAMPULO KECAMATAN KUTA ALAM BANDA ACEH (Lidya Laraswati D.Iskandar, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.