Search :

Advance


RANCANG BANGUN SISTEM KONTROL PEMAKAIAN LISTRIK SECARA MULTI CHANNEL BERBASIS ARDUINO

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Zubaili Isfarizky - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Penelitian ini membahas tentang suatu rancangan sistem untuk mengontrol otomasi saklar lampu di kantor LBH Banda Aceh secara Multichannel agar menghemat penggunaan listrik dan dapat membantu mempermudah pegawai kantor tanpa perlu menghidupkan maupun mematikan lampu secara manual. Menggunakan sensor Passive Infrared (PIR) untuk mendeteksi adanya pergerakan manusia di dalam ruangan, RTC untuk pembacaan waktu, Arduino Nano untuk pengontrolan dan menggunakan relay sebagai saklar elektronik. Sistem ini berhasil mengontrol 7 dari total 9 lampu yang ingin dikontrol pada kantor LBH Banda Aceh. Sistem ini dapat menghemat penggunaan listrik sebanyak 5% dan membantu memudahkan aktivitas pegawai kantor LBH Banda Aceh. Kata Kunci : Passive Infrared, Multichannel, Arduino Nano, RTC, Relay.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

MOBIL AUTONOMOUS DIPANDU MENGGUNAKAN SENSOR LINTASAN (Muhammad Reza Valevi, 2016)

PROTOTIPE PENGUKURAN PEMAKAIAN ENERGI LISTRIK PADA KAMAR KOST DALAM SATU HUNIAN BERBASIS ARDUINO UNO R3 DAN GSM SHIELD SIM900 (Yulizar, 2017)

PERBANDINGAN BEBERAPA STRATEGI PENGKODEAN JARINGAN TERHADAP KINERJA JARINGAN KOOPERATIF BERBASIS MULTIPLE-ACCESS RELAY CHANNEL (MARC) (Yunida, 2013)

PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI SISTEM KONTROL PENYIRAM TAMAN SMART PADA TAMAN SEGITIGA SP. BPKP (Irwansyah MW, 2016)

STRATEGI PEMASARAN PT.PLN (PERSERO) WILAYAH ACEH DALAM MENSOSIALISASIKAN LISTRIK PRABAYAR (DANI PRIADI, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.