Search :

Advance


HUBUNGAN KONTROL DIRI DENGAN PERILAKU KONSUMTIF DALAM MEMBELI BARANG MELALUI ONLINE SHOP PADA MAHASISWA UNSYIAH

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Syaufatun Nisa - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Online shop merupakan bentuk pasar baru yang tidak memerlukan komunikasi tatap muka secara langsung melainkan dapat dilakukan secara terpisah dari dan ke seluruh dunia. Dengan adanya Online shop berbelanja menjadi mudah, hal ini memicu munculnya perilaku konsumtif. Mahasiswa merupakan golongan yang berorientasikan berperilaku konsumtif. Salah satu faktor yang mempengaruhi konsumtif adalah kontrol diri. Kontrol diri merupakan variabel psikologis yang mencakup kemampuan individu untuk memodifikasi perilaku, mengelola informasi yang tidak diinginkan, dan untuk memilih suatu tindakan berdasarkan sesuatu yang diyakini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kontrol diri dengan perilaku konsumtif dalam membeli barang melalui online shop pada mahasiswa Unsyiah. Sampel penelitian ini adalah mahasiswa Unsyiah sejumlah 344 orang. Teknik pengambilan sampel yaitu menggunakan teknik dispropotionate stratified random sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan Skala Kontrol Diri yang disusun oleh peneliti berdasarkan Teori Kontrol Diri yang dikemukakan oleh Averill (1973) dan Skala Perilaku Konsumtif yang disusun oleh peneliti berdasarkan Teori Perilaku Konsumtif yang dikemukan oleh Lina & Rasyid (dalam Petova, 2012). Hasil analisis data menggunakan korelasi Pearson menunjukkan bahwa terdapat hubungan negatif dan signifikan antara kontrol diri dengan perilaku konsumtif dalam berbelanja online shop pada mahasiswa Unsyiah. (r = -0,599, p = 0,000, p

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN IDENTITAS DIRI DENGAN PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWA PADA PRODUK FASHION ( STUDI KASUS PADA MAHASISWA PDPK UNIVERSITAS SYIAH KUALA BANDA ACEH ) (IDA YULIS, 2016)

PERBEDAAN PERILAKU KONSUMTIF PADA MAHASISWA UNIVERSITAS SYIAH KUALA DITINJAU BERDASARKAN JENIS KELAMIN (Zainab Maryati, 2015)

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN MEMBELI SECARA ONLINE PADA MAHASISWA PRODI EKONOMI FKIP UNSYIAH (Riza Husnilasari, 2014)

E-COMMERCE : MODEL BARU INTERAKSI JUAL BELI (STUDI PADA PELAKU JUAL BELI MELALUI INTERNET DI KALANGAN MAHASISWA UNSYIAH) (Zia Muntazar, 2015)

ANALISIS KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP PEMBELIAN BARANG SECARA ONLINE (SUATU PENELITIAN PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI FKIP UNSYIAH) (Nova Mauliana, 2013)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.