Search :

Advance


PEMBELAJARAN PERSAMAAN KUADRAT DENGAN PENDEKATAN METAKOGNITIF DI KELAS X SMK SMTI BANDA ACEH

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Dwi Ermayanti - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas Fakultas KIP
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

Kata kunci: Pendekatan Metakognitif, Pembelajaran Persamaan Kuadrat Salah satu pendekatan pembelajaran yang mengembangkan cara belajar siswa aktif adalah pendekatan metakognitif. Pendekatan ini menitikberatkan pada aktifitas belajar siswa, membantu dan membimbing siswa jika ada kesulitan, serta membantu siswa untuk mengembangkan konsep diri apa yang dilakukan saat belajar matematika. Proses pendekatan metakognitif dalam pembelajaran matematika lebih dominan pada memonitor kesadaran pengetahuan, strategi, dan proses berfikir diri sendiri melalui pertanyaan-pertanyaan sehingga hasil yang diperoleh siswa tahan lama dalam ingatan. Pembelajaran persamaan kuadrat merupakan salah satu materi yang dipelajari di SMK. Materi persamaan kuadrat dapat diaplikasikan pada kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar siswa melalui pendekatan metakognitif pada pembelajaran persamaan kuadrat.Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Adapun jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-experimental design jenis one shot case study. Populasi data penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas X SMK SMTI Banda Aceh dan sampel diambil dengan teknik purposive sampling sebanyak satu kelas yaitu kelas XG yang beranggotakan 24 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan uji-t dengan kriteria pengujiannya yaitu pada taraf signifikan (α)=0,05dan derajat kebebasan (dk) = 23, tolak H_0 jika t ≥ t_(1-α) dan terima H_0 dalam hal lainnya. Hasil pengolahan data diperoleh〖 t〗_hitung= 2,46 dan t_tabel = 1,71, oleh karena t_hitung≥t_tabelyaitu 2,46 ≥1,71 maka tolak H_0dan terima H_1. Hasil penelitian menunjukkan melalui pendekatan metakognitif siswa dapat mencapai ketuntasan hasil belajar pada pembelajaran persamaan kuadrat di kelas X SMK SMTI Banda Aceh.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA MELALUIPENDEKATAN METAKOGNITIF (Ainuna Fasha, 2016)

PENERAPAN PENDEKATAN METAKOGNITIF DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA DI SMA LABORATORIUM UNSYIAH (Nurdiana, 2014)

PEMBELAJARAN TRIGONOMETRI DENGAN PENDEKATANRNMETAKOGNITIF DI KELAS X SMA LAB SCHOOL UNSYIAHRNBANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2014/2015 (ZANNATUN SANIAH, 2015)

PENERAPAN MODEL QUANTUM TEACHING PADA PEMBELAJARAN PERSAMAAN KUADRAT DI KELAS VIII SMPN 9 BANDA ACEH PEMBELAJARAN PERSAMAAN KUADRAT DI KELAS VIII SMPN 9 BANDA ACEH (Khana Silva Rezeka Hasan, 2016)

KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS, METAKOGNITIF, DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA MELALUI PENGGUNAAN MEDIA KOMPUTER DI SMP (khalisna, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.