Search :

Advance


KARAKTERISTIK BANGKITAN PERGERAKAN MAHASISWA PENGGUNA SEPEDA MOTOR BERDASARKAN JARAK PERJALANAN (STUDI KASUS MAHASISWA TEKNIK SIPIL UNIVERSITAS SYIAH KUALA)

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Gebrina Rizki Nanda - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas Fakultas Teknik
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

Banyaknya kebutuhan pergerakan aktivitas di Kota Banda Aceh dapat mempengaruhi besarnya kapasitas sistem prasarana transportasi yang ada. Mayoritas mahasiswa melakukan berbagai aktivitas kegiatan dengan menggunakan moda sepeda motor. Akibat dari pergerakan tersebut maka timbulnya bangkitan perjalanan. Bangkitan perjalanan yang tinggi nantinya akan mengganggu sistem transportasi yang terjadi. Oleh karena itu, perlu dilakukan analisis karakteristik bangkitan perjalanan mahasiswa pengguna sepeda motor yang bertujuan untuk mengetahui besarnya probabilitas salah satu faktor karakteristik pergerakan berdasarkan jarak perjalanan mahasiswa yang dilakukan dari titik asal menuju tujuan baik secara home-based maupun non home-based. Penelitian ini difokuskan kepada mahasiswa Teknik Sipil Universitas Syiah Kuala yang berstatus angkatan aktif, dari angkatan 2013 hingga angkatan 2016 sebagai pengguna moda sepeda motor yang populasinya berjumlah 488 mahasiswa. Pengambilan sampel menggunakan rumus Slovin dengan metode Stratified Sampling, sehingga didapat jumlah sampel pengamatan sebanyak 220 mahasiswa. Metode yang digunakan ialah Metode Pemilihan Diskrit (Discrete Choice Model) yang berfungsi untuk mengetahui besarnya probabilistik dari setiap opsi yang menjadi alternatif pilihan yaitu jarak perjalanan 6 km. Parameter model diestimasi dengan menggunakan software SPSS. Variabel terikat pada penelitian ini yaitu jarak perjalanan sedangkan variabel bebasnya yaitu jenis kelamin, semester, pendapatan keluarga, pengeluaran biaya transportasi, kepemilikan SIM, status tempat tinggal, jumlah penghuni rumah, kepemilikan mobil, kepemilikan sepeda motor, tujuan perjalanan dan waktu keberangkatan. Dari hasil analisis Multinomial Logit maka diketahui variabel yang berpengaruh terhadap jarak yaitu pendapatan keluarga, status tempat tinggal, tujuan perjalanan dan waktu keberangkatan. Hasil dari analisis tersebut akan mendapatkan persamaan utilitas untuk 2 model dengan satu alternatif sebagai kategori referensi. Persamaan utilitasnya yaitu U 3-6 km = -3.456 + 0,29X3 + 1,184X6 + 0,225X10 + 0,971X11 dan U > 6 km = -3,305 + 0,237X3 + 1,82X6 + 0,701X10 + 0,902X11. Persentase probabilitas yang diperoleh untuk jarak < 3 km yaitu 47%, jarak 3-6 km adalah 19% dan untuk jarak > 6 km yaitu 34%. Rata-rata nilai standar deviasi yang diperoleh adalah 1,51%. Kata Kunci: Bangkitan perjalanan, Sepeda motor, Discrete Choice Model, Jarak perjalanan, Mahasiswa, Unsyiah.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KARAKTERISTIK BANGKITAN PERGERAKAN MAHASISWA PENGGUNA SEPEDA MOTOR BERDASARKAN WAKTU KEBERANGKATAN (STUDI KASUS MAHASISWA TEKNIK SIPIL UNIVERSITAS SYIAH KUALA) (Andriyan, 2017)

KARAKTERISTIK BANGKITAN PERGERAKAN MAHASISWA PENGGUNA SEPEDA MOTOR BERDASARKAN TUJUAN PERJALANAN (STUDI KASUS MAHASISWA TEKNIK SIPIL UNIVERSITAS SYIAH KUALA) (Naila karima, 2017)

BANGKITAN PERGERAKAN PENGGUNA SEPEDA MOTOR BERDASARKAN TUJUAN PERGERAKAN DI KOTA LHOKSEUMAWE (HERU PRAMANDA, 2017)

ANALISIS PEMILIHAN MODA MAHASISWA UNIVERSITAS SYIAH KUALA MENGGUNAKAN METODE LOGIT BINOMIAL (Teuku Mustaqim Wahas, 2014)

MODEL PEMILIHAN MODA ANTARA SEPEDA MOTOR DAN LABI-LABI OLEH MAHASISWA DI GAMPONG SEUTUI KECAMATAN BAITURRAHMAN KOTA BANDA ACEH (Aiyub, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.