Search :

Advance


PENGGUNAAN ICE BREAKING PADA PROSES PEMBELAJARAN PRAKARYA DAN KEWIRAUSAHAAN DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X IS 2 DI SMAN 4 BANDA ACEH

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Sri Erlinaini Arima - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Sri Erlinaini Arima. 2017. Penggunaan Ice Breaking pada Proses Pembelajaran Prakarya dan Kewirausahaan dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas X IS 2 di SMAN 4 Banda Aceh. Skripsi, Program Studi Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Yuli Heirina Hamid, S.Pd., M.Si., (2) Dra. Indani, M.Si. Kata kunci : ice breaking, pembelajaran, motivasi, hasil belajar Salah satu strategi pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan motivasi dan hasil pembelajaran yaitu dengan menggunakan ice breaking. Penelitian yang berjudul “Penggunaan Ice breaking pada Proses Pembelajaran Prakarya dan Kewirausahaan dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas X IS 2 di SMAN 4 Banda Aceh” ini bertujuan untuk melihat (1) motivasi belajar siswa dengan penggunaan ice breaking dalam proses pembelajaran prakarya dan kewirausahaan kelas X IS 2 di SMAN 4 Banda Aceh dan (2) hasil belajar siswa dengan penggunaan ice breaking dalam proses pembelajaran prakarya dan kewirausahaan kelas X IS 2 di SMAN 4 Banda Aceh. Subjek penelitian ini adalah siswa- siswi kelas X IS 2 di SMAN 4 Banda Aceh tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 30 siswa. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kuantitatif dimana data yang diperoleh kemudian diolah menggunakan metode statistik dan dijelaskan kembali menggunakan kata-kata (narasi). Sedangkan jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Instrumen pengumpulan data penelitian yaitu rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), lembar observasi (pengamatan) aktivitas guru dan siswa, lembar kerja siswa, dan lembar motivasi siswa terhadap kegiatan PBM dengan menerapkan strategi pembelajaran ice breaking yang hasil belajarnya dianalisis menggunakan uji persentase dan motivasi siswa dianalisis dengan mengacu pada kriteria hasil analisis tingkat motivasi belajar. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa: (1) Penggunaan ice breaking pada pembelajaran prakarya dan kewirausahaan kelas X IS 2 SMAN 4 Banda Aceh tahun ajaran 2016/2017 meningkat, hal ini terlihat dari hasil ketuntasan belajar klasikal dari 63,33 % pada siklus 1 menjadi 86,67 % pada siklus 2 dengan peningkatan sebanyak 23,34 %. (2) Skor motivasi siswa juga meningkat dari kategori “cukup” menjadi “baik”. Skor rata-rata motivasi yang diperoleh pada saat pengisian angket pada siklus I yang diikuti 30 siswa yaitu 64,57% tergolong “Cukup”. Sedangkan skor rata-rata motivasi pada siklus II diperoleh yaitu 78,03% yaitu tergolong kategori “Baik” dengan peningkatan sebanyak 13,46%.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE FIELD MARKET PADA MATA PELAJARAN PRAKARYA DAN KEWIRAUSAHAAN ( PENELITIAN TINDAKAN KELAS PADA SMA NEGERI 5 BANDA ACEH ) (Jihan Zanjabila, 2016)

INTEGRASI CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DENGAN KEWIRAUSAHAAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 1 INDRAPURI (Rossy Anggelia Hasibuan, 2014)

PENGARUH PENGETAHUAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA SISWA KELAS XI DI SMK SMTI BANDA ACEH (juli hardiyanti, 2016)

PROSES PEMBELAJARAN OLEH GURU MATA PELAJARAN PRAKARYA DI SMP NEGERI 11 BANDA ACEH (Cut Miftahul Jannah, 2016)

PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BARISAN DAN DERET SISWA KELAS X SMAN 10 FAJAR HARAPAN BANDA ACEH (Nurul Husna, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.