Search :

Advance


OPTIMISASI RUTE PARIWISATA KOTA BANDA ACEH DAN ACEH BESAR DENGAN MENGGUNAKAN ALGORITMA ANT COLONY OPTIMIZATION

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Durisman - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kota Banda Aceh dan Aceh Besar merupakan salah satu kawasan andalan tujuan pariwisata yang terdapat di Propinsi Aceh. Untuk berwisata hal yang perlu diperhatikan adalah menentukan jadwal dan jarak pariwisata. Setiap orang yang melakukan perjalanan pariwisata pasti memilih jarak terpendek untuk dapat mencapai tujuan karena dapat menghemat waktu, tenaga dan biaya ketika berwisata. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan sebuah metode yang dapat digunakan dalam perhitungan rute terpendek dan dapat diaplikasikan pada pariwisata Kota Banda Aceh dan Aceh Besar. Dalam penelitian ini digunakan algoritma Ant Colony Optimization untuk menentukan rute terpendek pariwisata kota Banda Aceh dan Aceh Besar. Dari analisis yang telah dilakukan, dengan cara perhitungan manual maupun dengan hasil pengujian aplikasi program GUI MATLAB diperoleh rute dan jarak yang sama. Rute terpendek yang diperoleh berdasarkan titik keberangkatan Hotel Grand Nanggroe adalah 123,75 kilometer, rute terpendek yang diperoleh berdasarkan titik keberangkatan Hotel Hermes Palace adalah 124,85 kilometer, dan rute terpendek yang diperoleh berdasarkan titik keberangkatan Hotel the Pade adalah 126,15 kilometer dalam sekali tempuh. Berdasarkan hasil pengujian aplikasi pencarian rute terpendek pariwisata kota Banda Aceh dan Aceh Besar yang dibangun dengan algoritma Ant Colony Optimization dapat menyelesaikan permasalahan rute optimal. Kata kunci : Pariwisata, Rute Terpendek, Ant Colony Optimization

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

IMPLEMENTASI ALGORITMA ANT COLONY SYSTEM PADA OPTIMALISASI PENDISTRIBUSIAN KORAN DI WILAYAH BANDA ACEH (STUDI KASUS: DISTRIBUSI KORAN SERAMBI INDONESIA) (Riska Mulyana, 2016)

PEMILIHAN RUTE TEPENDEK JARINGAN JALAN MENGGUNAKAN METODE ALGORITMA DJIKSTRA (STUDI KASUS PADA MESJID RAYA (JALAN CHIK PANTE KULU)-GAPURA KOPELMA DARUSSALAM (JALAN T. NYAK ARIEF), BANDA ACEH) (Rizka Novrisa, 2013)

OPTIMALISASI RUTE PENGANGKUTAN SAMPAH DI KOTA BANDA ACEH DENGAN MENGGUNAKAN ALGORITMA DIJKSTRA (Muhammad Reza Pahlefi, 2017)

PENENTUAN RUTE OPTIMAL DISTRIBUSI PRODUK MENGGUNAKAN ALGORITMA CLARKE AND WRIGHT SAVINGS. (STUDI KASUS: PT BINA USAHA PRATAMA, KAJHU, ACEH BESAR). (Rudi Pramana, 2016)

ANALISIS HIBRIDISASI LOCAL DAN POPULATION BASED SEARCH ALGORITHM DALAM PENYELESAIAN TRAVELLING SALESMAN PROBLEM (TSP) (Erdiwansyah, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.