Search :

Advance


PEMBELAJARAN LINGKARAN MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN BANTUAN SOFTWARE ALGEBRATOR DI MAN MODEL BANDA ACEH TAHUN 2016/2017

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Wan Khairatunisa - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

Khairatunisa, Wan. Pembelajaran Lingkaran Melalui Model Kooperatif Tipe STAD dengan Bantuan Software Algebrator di MAN Model Banda Aceh Tahun 2016/2017. Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala.Pembimbing: (1) Dra. Yuhasriati, M.Pd, (2) Khairul Umam, S. Si, M. EdSc Kata kunci : Model Kooperatif Tipe STAD, Software Algebrator, Lingkaran Hasil belajar matematika siswa di Indonesia masih rendah dan salah satu materi yang dipelajari dalam matematika adalah lingkaran.Materi ini dikatakan cukup sulit karena materi ini cukup luas dan membutuhkan pemahaman aljabar yang baik. Model kooperatif tipe STAD merupakan salah satu tipe dari model pembelajaran kooperatif dengan menggunakan kelompok-kelompok kecil yang terdiri 4-5 orang. Model ini dianggap sebagai salah satu tipe pembelajaran kooperatif yang dapat memotivasi siswa untuk meningkatkan hasil pembelajaran. Algebrator merupakan salah satu software yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran matematika. Algebrator memiliki kelebihan menampilkan solusi masalah secara bertahap, dengan perhitungan yang sangat rinci serta dapat menampilkan grafik 2 dimensi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa pada materi lingkaran melalui model kooperatif tipe STAD dengan bantuan software Algebrator dapat melebihi nilai KKM. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen design one shot case study dengan pendekatan kuantitatif. Dalam penelitian ini populasi adalah seluruh siswa kelas XI MAN Model Banda Aceh, sedangkan sampel adalah siswa kelas XI MAN Model Banda Aceh yang dipilih satu kelas. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan tes hasil belajar pada materi lingkaran. Teknik analisis data menggunakan uji-t pihak kanan dengan taraf signifikan (α) = 0,05, dari hasil pengolahan data diperoleh t_Hitung= 5,9 dan t_tabel= 1,70 sehingga t_Hitung≥t_tabel , maka H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa bahwa pembelajaran lingkaran melalui model kooperatif tipe STAD dengan bantuan software Algebrator di Man Model Banda Aceh dapat melebihi nilai KKM.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF PADA MATERI TRIGONOMETRI DI KELAS X MAN MODEL BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2011/2012 (Siti Aisah, 2014)

PEMBELAJARAN MATERI DIMENSI TIGA DENGAN MENGGUNAKAN SOFTWARE GOOGLE SKETCHUP DI KELAS X SMA NEGERI 2 BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2012/2013 (Ratna Dewi, 2014)

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS DAN TIPE STAD PADA MATERI JARINGAN HEWAN DI SMA INSHAFUDDIN BANDA ACEH (Zakiah Rahmi, 2014)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI TEKANANDI SMPN 1 DARUSSALAM ACEH BESAR (Sari Zahriati, 2017)

PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE STAD PADA MATERI SEGI EMPAT DI KELAS VRNSD NEGERI 2 PEUKAN BADA (MAILA PUSPITA SARI, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.