Search :

Advance


STUDI EKIVALENSI MOBIL PENUMPANG DAN ARUS JENUH DASAR PADA SIMPANG BERSINYAL (STUDI KASUS PADA SIMPANG DENGAN LENGAN EFEKTIF SATU DAN DUA LAJUR DI BANDA ACEH)

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang MUNTAZAR - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas Fakultas Pasca Sarjana
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

STUDI EKIVALENSI MOBIL PENUMPANG DAN ARUS JENUH DASAR PADA SIMPANG BERSINYAL (STUDI KASUS PADA SIMPANG DENGAN LENGAN EFEKTIF SATU DAN DUA LAJUR DI BANDA ACEH) Oleh : Muntazar NIM : 1409200060038 Komisi Pembimbing : 1. Dr. Ir. M. Isya, M.T 2. Dr. Eng. Sugiarto, S.T.. M. Eng ABSTRAK Ekivalensi Mobil Penumpang (EMP) digunakan untuk mengkonversi berbagai ukuran kendaraan menjadi Satuan Mobil Penumpang (SMP). SMP digunakan untuk menghitung jumlah kendaraan yang berhubungan dengan volume, kapasitas dan kinerja simpang. Selama ini digunakan EMP dari MKJI (1997) yang sudah kadarluarsa (out of date), dimana ukuran kendaraan dan karakteristik pengemudi sangatlah berbeda pada kondisi sekarang. Arus jenuh dasar yang dikeluarkan oleh MKJI (1997) dihitung dengan persamaan S0 = 600We. Persamaan ini juga dikeluarkan oleh MKJI 1997 berdasarkan data dari observasi dari tahun 19921995. Sehingga persamaan ini perlu direvisi dengan menggunakan media kondisi lalu lintas di Kota Banda Aceh terutama pada simpang bersinyal. Tujuan dari penelitian ini adalah mengkalibrasi nilai EMP untuk masing-masing jenis kendaraan (Mobil Penumpang, Sepeda Motor, Becak Mesin dan Kendaraan Berat) dan memodelkan persamaan arus jenuh dasar pada simpang bersinyal dengan lengan efektif satu lajur pada Simpang Darma dan dua lajur pada Simpang AMD Batoh. Analisa EMP dan arus jenuh dasar digunakan persamaan linear regresi berganda. Koefisien regresi diestimasi dengan menggunakan metode rata-rata kuadrat terkecil (ordinary least square) dengan menggunakan software NLOGIT 5. Dari hasil penelitian diperoleh nilai EMP baru pada Simpang Darma yaitu untuk jenis sepeda motor (MC) 0,22; becak mesin (RS) 0,70 dan kendaraan berat (LV) 1,86. Sementara nilai EMP pada Simpang AMD Batoh untuk jenis sepeda motor (MC) 0,22; becak mesin (RS) 1,03 dan kendaraan berat (HV) 1,42. Selanjutnya untuk analisis arus jenuh dasar diperoleh dua model. Untuk model pertama dengan tidak menggunakan konstanta yaitu S0 = 421 We dan untuk model yang kedua dengan menggunakan konstanta yaitu S0 = 811 + 292 We. Kata Kunci : Simpang bersinyal, ekivalensi mobil penumpang, regresi linier berganda, ordinary least square, arus jenuh dasar.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

STUDI EKIVALENSI MOBIL PENUMPANG DAN ARUS JENUH DASAR PADA SIMPANG BERSINYAL (STUDI KASUS PADA SIMPANG DENGAN LENGAN EFEKTIF SATU DAN DUA LAJUR DI BANDA ACEH) (MUNTAZAR, 2017)

ANALISIS ARUS JENUH DASAR PADA SIMPANGRNBERSINYAL BERLENGAN EMPAT DENGAN LALU LINTASRNCAMPURAN DI KOTA BANDA ACEH (Masykur, 2014)

STUDI EKIVALENSI MOBIL PENUMPANG PADA SIMPANG BERSINYAL DENGAN LENGAN EFEKTIF MULTI LAJUR DI BANDA ACEH (Saifannur, 2016)

STUDI EKIVALENSI MOBIL PENUMPANG PADA SIMPANG BERSINYAL DENGAN LENGAN EFEKTIF SATU LAJUR DI BANDA ACEH (Karnidi Rahmat, 2016)

ANALISIS SENSITIVITAS ARUS JENUH TERHADAP DERAJAT KEJENUHAN PADA SIMPANG LIMA KOTA BNDA ACEH (Safra Fasya, 2013)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.