Search :

Advance


REGULASI DIRI DALAM BELAJAR PADA SISWA SMA DITINJAU DARI PERSEPSI TERHADAP POLA ASUH ORANGTUA

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Syarifah Risna Maulina - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Syarifah Risna Maulina. 2016. Regulasi Diri Dalam Belajar Pada Siswa SMA Ditinjau Dari Persepsi Terhadap Pola Asuh Orang tua. Skripsi, Program Studi Bimbingan dan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Dra. Nurhasanah, M.Pd., (2) Nurbaity, S.Pd, M.Ed Kata kunci : regulasi diri dalam belajar, pola asuh, siswa SMA Penelitian berjudul “Regulasi Diri dalam Belajar Pada Siswa SMA Ditinjau Dari Persepsi Terhadap Pola Asuh Orang Tua” ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa terhadap pola asuh yang diterapkan oleh orang tua di dalam keluarga dan untuk mengetahui perbedaan regulasi diri dalam belajar siswa SMA ditinjau dari persepsi pola asuh orang tua. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi penelitian adalah 100 siswa kelas XI SMAN 3 Unggul Sigli dengan sampel penelitian sebanyak 80 siswa yang diperoleh melalui teknik pengambilan sampel simple random sampling. Alat ukur yang digunkan dalam penelitian ini adalah Parental Authority Questionnaire (PAQ) untuk mengukur pola asuh dan Motivated Strategies for Learning Questionnaaire (MSLQ) untuk mengukur regulasi diri dalam belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan persepsi pola asuh otoriter sebesar 32.5%, siswa dengan persepsi pola asuh permisif sebesar 10% dan siswa dengan persepsi pola asuh demokratis sebesar 48.75%. Selanjutnya data dianalisis dengan menggunakan teknik statistik Chi Square. Dari hasil analisis data penelitian, diperoleh nilai Chi Square hitung sebesar 4.810 dengan level significance 0.05 dan df =(2-1)(6-1) = 5 diperoleh nilai chi square tabel sebesar 11.07. Maka 4.810 < 11.07 maka perbedaan tidak signifikan, artinya Ho diterima dan Ha ditolak. Dari hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat perbedan regulasi diri dalam belajar ditinjau dari persepsi terhadap pola asuh orang tua.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN KONSEP DIRI REMAJA DI SMAN 11 BANDA ACEH TAHUN 2012 (MINI HARIANTI, 2014)

HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN PERKEMBANGAN ANAK USIA 1 SAMPAI 3 TAHUN DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS DARUL IMARAH KABUPATEN ACEH BESAR (RINI ZIKRAYATI, 2015)

HUBUNGAN PENERIMAAN DIRI DAN POLA ASUH ORANG TUA YANG MEMILIKI ANAK AUTIS (Zakia Zuhra, 2017)

HUBUNGAN ANTARA POLA ASUH ORANG TUA DENGAN KEMANDIRIAN PADA REMAJA AKHIR DI KOTA BANDA ACEH (Andara Gemasih, 2017)

HUBUNGAN REGULASI DIRI DENGAN KECEMASAN AKADEMIS PADA SISWA SMA NEGERI 1 BANDA ACEH (Iqbal Nugraha, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.