//

PERAN MAHASISWA DALAM MEMPERJUANGKAN KEADILAN POLITIK MASYARAKAT ACEH BARAT SELATAN

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Teguh Rizky Oktora - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Aceh Barat Selatan merupakan gabungan dari beberapa Kabupaten yang secara teritorial berada di wilayah pesisir pantai Barat Selatan Provinsi Aceh. Gambaran teritorial di wilayah Aceh Barat Selatan di dominasi oleh pegunungan dan lautan yang menyebabkan akses transportasi untuk meningkatkan perekonomian masyarakat Aceh Barat Selatan termajinalkan. Dalam hal ini peran pemerintah masih kurang inovatif untuk menyelesaikan permasalahan tersebut. Sehingga membuat mahasiswa melakukan perjuangan dalam menuntut hak keadilan untuk kesejahteraan masyarakat Aceh Barat Selatan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk ketimpangan keadilan politik yang dirasakan oleh masyarakat Aceh Barat Selatan (ABAS) dan bentuk perjuangan mahasiswa dalam menuntut hak keadilan politik masyarakat Aceh Barat Selatan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu dengan cara penelitian lapangan dan penelitian kepustakaan. Penelitian lapangan dilakukan untuk memperoleh data primer yang didapati dari wawancara langsung bersama narasumber. Sedangkan penelitian kepustakaan untuk memperoleh data sekunder berdasarkan buku-buku dan bacaan serta dokumen terkait guna untuk menunjang keabsahan dari hasil penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bentuk ketimpangan keadilan politik yang dirasakan oleh masyarakat Acah Barat Selatan adalah kurangnya penempatan putra Barat Selatan di jabatan birokrasi pemerintah Aceh, pemerintah Kabupaten yang kurang inovatif dalam membangun daerah, serta tidak ada putra daerah Aceh Barat Selatan yang menjabat sebagai Ketua Umum di Partai Politik. Adapun bentuk perjuangan keadilan politik yang dilakukan oleh mahasiswa yakni membentuk forum mahasiswa Barat Selatan Aceh (BARSELA), menyuarakan aspirasi politik, menuntut persamaan hak dan kedudukan untuk wilayah Aceh Barat Selatan, membuat seminar publik serta memanfaatkan momen politik. Kesimpulan penelitian ini yaitu pemerintah Kabupaten maupun pemerintah Provinsi kurang mengakomodir aspirasi politik masyarakat Aceh Barat Selatan sehingga berdampak kepada pembangunan yang kurang efektif dan tidak tepat sasaran untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat di wilayah Aceh Barat Selatan. Kata Kunci: Perjuangan Keadilan Politik, Aceh Barat Selatan, Mahasiswa.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERAN KONFEDERASI SERIKAT PEKERJA INDONESIA (KSPI) ACEH DALAM MEMPERJUANGKAN POLITIK PENGUPAHAN DI ACEH (Kausar Oktiandy, 2018)

PERSEPSI MAHASISWA FISIP UNSYIAH TERHADAP PARTAI POLITIK LOKAL DI ACEH (FAJRUL FALAH, 2015)

SIKAP POLITIK MAHASISWA UNIVERSITAS TEUKU UMAR TERHADAP PEMERINTAH KABUPATEN ACEH BARAT (M. Alfian, 2014)

PERSEPSI MASYARAKAT ACEH JAYA TERHADAP RENCANA PEMBENTUKAN PROVINSI ACEH BARAT SELATAN (ABAS) (AFRIJAL, 2014)

KEPERCAYAAN MASYARAKAT TERHADAP PARTAI POLITIK NASIONAL (SUATU PENELITIAN DI KECAMATAN KLUET UTARA, KABUPATEN ACEH SELATAN) (Samsul Rijal, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy