Search :

Advance


HUBUNGAN MINAT BIDANG STUDI DENGAN MINAT PEKERJAAN SISWA SMK NEGERI 2 BANDA ACEH

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Miranda Zr - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Raura, Miranda Zensy. 2017. Hubungan Minat Bidang Studi Dengan Minat Pekerjaan Siswa SMK Negeri 2 Banda Aceh. Skripsi, Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Dra. Dahliana Abd, M.Pd., Kons., (2) Drs. M. Husen, M.Pd. Kata Kunci : Minat Bidang Studi, Pekerjaan Minat bidang studi merupakan kecenderungan siswa yang memusatkan perhatian pada suatu bidang studi tertentu, adanya rasa lebih suka serta memiliki rasa ketertarikan terhadap suatu bidang studi di dalam proses belajar mengajar. Proses belajar akan berjalan dengan lancar apabila disertai dengan minat yang tinggi terhadap suatu bidang studi tersebut. Minat bidang studi yang tinggi pada siswa akan membantu dalam mempersiapkan arah pekerjaannya. Jika minat terhadap bidang studi itu besar maka minat terhadap pekerjaannya itu juga akan kuat. Minat mengarah pada arah jurusan, arah pekerjaan dan arah profesi pada siswa. Tujuan dalam penelitian ini adalah melihat hubungan antara minat bidang studi dengan pekerjaan, mengetahui minat bidang studi siswa dan mengetahui arah pekerjaan siswa. Metode penelitian ini adalah deskriptif korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah berjumlah 310 siswa, sedangkan sampel adalah berjumlah 170 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan angket dengan model Rothwell-Miller yang telah dimodifikasi. Analisa data dalam penelitian ini menggunakan analisis korelasi Spearman Rank. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lebih dari setengah siswa yang memiliki minat terhadap bidang studi yang ia jalani di sekolah saat ini yaitu sebesar 52,35%. Penelitian ini juga menunjukkan adanya hubungan yang positif dan signifikan antara minat bidang studi dengan pekerjaan di SMK Negeri 2 Banda Aceh. Hal ini dibuktikan dengan nilai probabilitas di empat bidang studi < 0,05 dan nilai koefisien korelasi berkisar antara 0,168 – 0,319. Penelitian ini juga menunjukkan pola hubungan yang positif artinya semakin tinggi minat siswa pada bidang studi maka semakin kuat pula arah pekerjaannya. Diharapkan kepada siswa SMP yang ingin masuk ke SMK agar mengetahui dengan jelas bidang studi apa yang ingin dipilih tidak berdasarkan ajakan teman dan paksaan orang tua.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN MINAT BACA TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 2 BANDA ACEH (julianda saputra, 2013)

HUBUNGAN ANTARA MINAT PEKERJAAN DENGAN PILIHAN JURUSAN SISWA DI SMK (SUATU PENELITIAN TERHADAP SISWA-SISWI SMK NEGERI 1 BANDA ACEH) (Riad Musaidi, 2015)

HUBUNGAN ANTARA MINAT DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA TATA BUSANA SMK NEGERI 1 KOTA JANTHO (YOSI AKMARINA, 2016)

PENGARUH LAYANAN INFORMASI KARIR TERHADAP MINAT SISWA PADA LANJUTAN STUDI KE PERGURUAN TINGGI (SUATU PENELITIA PRA EKSPERIMEN DI SMA NEGERI 5 LANGSA) (MAIDAWATI, 2016)

KESESUAIAN MINAT SISWA TERHADAP MATA PELAJARAN DENGAN JURUSAN YANG DITEKUNINYA (Vitra srianti, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.