Search :

Advance


PENERAPAN TEKNIK ASSERTIVE ADAPTIVE DI DALAM REBT UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA DI SMA NEGERI 3 BANDA ACEH

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Rumaisha Aziza Siregar - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Aziza, Rumaisha Siregar. 2017. Penerapan Teknik Assertive Adaptive di dalam REBT Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa Di SMA Negeri 3 Banda Aceh. Skripsi, Jurusan Bimbingan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Drs. Syaiful Bahri, M.Pd., (2) Nurbaity, S.Pd, M.Ed Kata Kunci: Kepercayaan Diri, Konseling, Rasional Emotif Kepercayaan diri adalah kemampuan dasar diri seseorang dalam menentukan arah dan tujuan hidupnya. Hal ini ditandai dengan percaya pada kemampuan yang dimilikinya, optimis dengan segala perubahan, objektif dalam menilai dirinya sendiri dan orang lain, bertanggung jawab dan selalu berpikir rasional. Hilangnya kepercayaan diri seseorang disebabkan oleh pola pikir bermasalah yang menyebabkan pemikiran yang tidak rasional. Konseling Rasional Emotif merupakan salah satu jenis konseling yang mengatasi masalah ketidak rasionalan dalam berpikir. Penelitian ini bertujuan untuk melihat kondisi kepercayaan diri sebelum dan sesudah diberikan teknik assertive adaptive di dalam REBT dan mengetahui efektifitasnya untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah 10 orang siswa di SMA Negeri 3 Banda Aceh yang memiliki kepercayaan diri rendah. Metode yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kuantitatif dan jenis penelitian pra-eksperimen one group pre-post test design. Pengumpulan data menggunakan angket dalam bentuk skala Likert. Teknik analisis data menggunakan paired sample sign-test menggunakan uji Z, hasil yang diperoleh adalah 3,16 nilai tersebut lebih besar dari pada harga kritiknya yang bernilai 1 pada n=10 , α=0.05. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa siswa sebelum diberikan teknik konseling rasional emotif memperoleh nilai rata-rata 66,1, dan setelah diberikan perlakuan menjadi 99,1. Peningkatan skor diperoleh rata-rata sebanyak 33. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa teknik konseling rasional emotif dapat meningkatkan kepercayaan diri siswa. Hal ini dapat dilihat melalui perubahan yang terjadi pada siswa seperti, berani mengungkapkan pendapat, tampil dengan baik dihadapan teman-temannya hingga mampu menempatkan dirinya dilingkungan pertemanan dengan baik.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

TEKNIK MODELING SIMBOLIS UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA (SUATU PENELITIAN PRA-EKSPERIMEN DI MTSN RUKOH KOTA BANDA ACEH) (ARIYANA RUSTAM, 2016)

PROFIL KEPERCAYAAN DIRI PEMAIN SEPAKBOLA PADA TIM SMAN 9 PLUS OLAHRAGA BANDA ACEH TAHUN 2014 (Darmaidi, 2015)

PENGARUH KOMUNIKASI INTERPERSONAL ORANGTUA DAN ANAK TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI PADA SISWA SMP NEGERI 1 DARUSSALAM (Fadli, 2014)

UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN KONTROL DIRI SISWA DI SMA NEGERI 5 BANDA ACEH (Siti Ummami, 2014)

PENGARUH DUKUNGAN SOSIAL ORANG TUA DAN TEMAN SEBAYA TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI REMAJA (irdayani fitri, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.