Search :

Advance


PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENGEMBANGKAN EMPATI SISWA MELALUI TEKNIK PSIKODRAMA (SUATU PENELITIAN PRA-EKSPERIMEN DI SMP NEGERI 6 BANDA ACEH)

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang SAUFA NIARA - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Niara, Saufa. Pelaksanaan Layanan Bimbingan Kelompok untuk Mengembangkan Empati Siswa melalui Teknik Psikodrama (Suatu Penelitian Pra-Eksperimen di SMP Negeri 6 Banda Aceh). Skripsi. Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. (1) Drs. M. Husen, M.Pd., (2) Nurbaity, S.Pd, M.Ed Kata Kunci : Empati, Bimbingan Kelompok, Teknik Psikodrama Penelitian yang berjudul pelaksanaan layanan bimbingan kelompok untuk mengembangkan empati siswa melalui teknik psikodrama, akan membantu siswa dalam mengembangkan empatinya. Tujuan penelitian ini yaitu untuk melihat pengaruh pemberian layanan bimbingan kelompok melalui teknik psikodrama dalam mengembangkan empati siswa. Metode penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian pra-eksperimen one group pre-post test design. Populasi penelitian ini adalah siswa yang memiliki empati rendah, sedangkan sampel penelitian ini berjumlah 10 siswa yang dipilih secara purposive sampling. Teknik pengumpulan data adalah angket. Teknik analisis data menggunakan paired sample sign-test menggunakan uji Z. Hasil penelitian menunjukkan bahwa post-test lebih besar dari pada pre-test yaitu 89,9 ≥ 66,2 dan dengan hasil uji Z yaitu 3,16 lebih besar dari harga kritiknya yang bernilai 1 dengan nilai α 0,05. Artinya terdapat perbedaan yang positif dan signifikan sebelum dan setelah diberikannya layanan bimbingan kelompok melalui teknik psikodrama dalam mengembangkan empati siswa. Melalui teknik psikodrama juga membuat siswa menjadi mampu memahami kondisi dan menghargai pendapat orang lain dalam layanan bimbingan kelompok. Dengan demikian hipotesis yang menyatakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap empati siswa setelah mengikuti layanan bimbingan kelompok melalui teknik psikodrama dapat diterima.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK OLEHRNGURU BK DI SMA NEGERI 3 BANDA ACEH (Munawarah, 2015)

EFEKTIVITAS TEKNIK PSIKODRAMA DALAM MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI PADA SISWA SMP NEGERI 9 TAKENGON (Yulia Sinta, 2014)

KOMPETENSI PROFESIONAL GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM PENGELOLAAN PROGRAM LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING DI SMP NEGERI 17 KOTA BANDA ACEH (Khairiah, 2016)

MANAJEMEN BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM PEMBINAAN SISWA PADA SMA DI KOTA SABANG (YUSRI, 2014)

PENERAPAN LAYANAN KONSELING KELOMPOK DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN SOSIAL SISWA (Irma Yani, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.