Search :

Advance


PELAKSANAAN LAYANAN PEMINATAN DALAM IMPLEMTASI KURIKULUM 2013 (PENELITIAN TERHADAP GURU BK DI SMA BANDA ACEH)

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Auliani Putri - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Putri, Auliani. Pelaksanaan Layanan Peminatan dalam Implementasi Kurikulum 2013 (penelitian terhadap guru BK di SMA Banda Aceh). Skripsi, Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Drs. Said Nurdin, M.Si (2) Nurbaity, S.Pd., M.Ed. Kata Kunci: layanan peminatan, kurikulum 2013, Guru BK tersertifikasi Layanan peminatan merupakan salah satu layanan yang harus dilaksanakan oleh guru BK. Layanan ini merupakan layanan dasar dalam kurikulum 2013. Layanan ini yang diberikan guru BK kepada para peserta didik baru yang akan menepati bangku kelas X di SMA. Layanan peminatan tidak lepas dari pengembangan potensi peserta didik dalam karirnya ke depan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan guru BK dalam layanan peminatan bagi siswa, khususnya guru BK yang telah mendapatkan sertifikasi yang berasal dari tiga sekolah. Penelitian ini dilakukan dengan metode deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara konselor di sekolah. Analisis data dalam penelitian ini dengan reduksi data, penyajian data, dan menarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pelaksanaan layanan peminatan bagi siswa baru yang akan menempati beberapa kelompok mata pelajaran peminatan telah dilaksanakan sesuai prosedur. Hasil analisis deskriptif data menunjukkan bahwa sedikit siswa yang mengalami masalah dalam pengelompokan mata pelajaran. Hal ini dikarenakan siswa mengikuti semua langkah dan prosedur yang telah ditetapkan oleh sekolah. Penyeleksian untuk penempatan kelompok mata pelajaran dilakukan secara sistematis oleh sekolah dan juga melibatkan pihak di luar sekolah yaitu psikolog. Berkaitan dengan Lintas Minat (LIMIT) juga ada dilaksanakan. Layanan peminatan ini sangat terfokus kepada penempatan kelompok mata pelajaran yang dilakukan pada kelas satu. Kesesuaian kelompok mata pelajaran akan menghasilkan peserta didik yang berhasil di masa depan.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PELAKSANAAN LAYANAN PEMINATAN DALAM IMPLEMTASI KURIKULUM 2013 (PENELITIAN TERHADAP GURU BK DI SMA BANDA ACEH) (Auliani Putri, 2017)

KINERJA GURU DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PADA SMA NEGERI 5 LHOKSEUMAWE (Haslina, 2017)

PELAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERDASARKAN KURIKULUM 2013 DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR DI SDN 56 BANDA ACEH (Elly Fitria, 2017)

KENDALA GURU FISIKA DALAM PELAKSANAAN KURIKULUM 2013 DI SMAN KOTA BANDA ACEH (Kiki Fajariani, 2015)

KENDALA GURU MATEMATIKA TERHADAP PENILAIAN AUTENTIK PADA KURIKULUM 2013 DI SMA NEGERI KOTA MEULABOH TAHUN PELAJARAN 2014/2015 (FATMA ELIZA NASUTION, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.