Search :

Advance


PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOLABORATIF (COLLABORATIVE LEARNING) DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA DI KELAS VIII SMP NEGERI 2 KUTA BARO ACEH BESAR

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Masyithah Dahliani - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata Kunci: Pengaruh, model pembelajaran kolaboratif, pendekatan saintifik, hasil belajar Penelitian yang berjudul “ Pengaruh Model Pembelajaran Kolaboratif (Collaborative Learning) dengan Menggunakan Pendekatan Saintifik Terhadap Hasil Balajar Fisika Siswa dikelas VIII SMP Negeri 2 Kuta Baro Aceh Besar” mengangkat masalah Apakah ada pengaruh model pembelajaran kolaboratif learning dengan pendekatan saintifik terhadap hasil belajar fisika siswa dikelas VIII SMP Negeri 2 Kuta Baro Aceh Besar pada materi cahaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kolaboratif learning dengan pendekatan saintifik terhadap hasil belajar fisika siswa dikelas VIII SMP Negeri 2 Kuta Baro Aceh Besar. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang berjumlah 69 siswa. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Sampel dari penelitian ini adalah siswa dan siswi kelasVIIIA dan VIIIB. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen metode kuantitatif. Pengumpulan data dalam penelitian menggunakan tes tertulis untuk mengukur hasil belajar yang terdiri dari pretest dan posttest.Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan statistik uji-t. Hasil akhir berdasarkan perhitungan uji t diperoleh Harga t dengan signifikatn α = 0,05 dan derajat kebebesan 32 dari tabel distribusi diperoleh ttabel = 1,70 sedangkan thitung = 1,86 . Jadi thitung > ttabel. Maka terima Ha yaitu Ada pengaruh penerapan pemebelajaran Kolaboratif dengan menggunakan pendekatan Saintifik terhadap hasil belajar fisika siswa SMP Negeri 2 Kuta Baro. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran kolaboratif dengan pendekatan saintifik dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERBEDAAN HASIL BELAJAR FISIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PENGAJARAN LANGSUNG DAN MODEL QUANTUM TEACHING PADA SISWA KELAS VIII MTSN KUTA BARO ACEH BESAR (Lia Musnidar, 2015)

PENGARUH TEORI GAGNE TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA PADA MATERI TEKANAN DI SMP NEGERI 2 KUTA BARO KABUPATEN ACEH BESAR (Evi Marlita, 2015)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA DI KELAS VIII SMP NEGERI 14 BANDA ACEH (Sri Wahyuni, 2015)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE ROUND TABLE TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWARNIPS KELAS VIII DI SMP NEGERI 2 KUTA BARO KABUPATEN ACEH BESAR TAHUN AJAR 2014-2015 (NAZIRAH, 2015)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE RNTAKE AND GIVE PADA MATERI FUNGSI DI KELAS VIIIRN SMP NEGERI 1 KUTA BARO (MAYSARAH FITRI, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.