Search :

Advance


PERBEDAAN PENDEKATAN INDUKTIF DENGAN DEDUKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MODEL QUANTUM LEARNING PADA MATERI HUKUM NEWTON TENTANG GRAVITASI DI MAN RUKOH

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Musrika - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata kunci : pendekatan induktif, deduktif, quantum learning. Masalah dalam penelitian ini adalah kurang disukainya pelajaran eksak seperti pelajaran fisika oleh siswa karena proses pembelajaran yang serius dan tegang maka digunakan pendekatan induktif dan pendekatan deduktif dengan model quantum learning.Tujuan penelitian ini untuk melihat perbedaan pendekatan induktif dengan deduktif terhadap hasil belajar siswa dengan model quantum learning pada materi hukum Newton tentang gravitasi. Penelitian ini dilakukan di MAN Rukoh kelas XI sebanyak tiga kelas yang berjumlah 75 siswa. Adapun sampel diambil sebanyak dua kelas secara Purposive sampling yaitu kelas XI MIA-2 berjumlah 21 siswa sebagai kelas induktif dan XI MIA-3 berjumlah 22 siswa sebagai kelas deduktif. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan desain penelitian nonequivalen control group design. Hasil belajar diukur dengan memberikan soal pretest dan posttes dengan bentuk soal pilihan ganda berjumlah sepuluh soal. Diperoleh uji t dengan taraf signifikan α = 0,05 dan derajat kebebasan 41 dari tabel distribusi diperoleh t tabel=1,68 dengan thitung=-0,177. Kriteria pengujian adalah terima Ho jika –t 1-1/2α

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KEMAMPUAN SISWA KELAS VIII MTSN RUKOH DALAM MENULIS PARAGRAF DEDUKTIF DAN INDUKTIF (Jumiati, 2016)

HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN INDUKTIF DAN PENDEKATAN DEDUKTIF PADA MATERI BALOK DAN KUBUS KELAS VIII SMP NEGERI 16 BANDA ACEH (Noviani, 2013)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATERI CAHAYA DI MTSN RUKOH BANDA ACEH (Nurhamidah, 2014)

PENDEKATAN PEMBELAJARAN INDUKTIF PADA MATERIRN BANGUN RUANG PRISMA DAN LIMAS DI MTSN RUKOH RNTAHUN PELAJARAN 2013/2014 (SRI WAHYUNI, 2014)

PENGARUH PENGGUNAAN MACROMEDIA FLASH TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA PADA MATERI HUKUM GRAVITASI NEWTON DI MAN 3 BANDA ACEH (Riska Salfianti, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.