Search :

Advance


KAJIAN KELAYAKAN EKONOMI PENINGKATAN JALAN BENER MERIAH – SP. KRUENG GEUKUEH

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Irwin - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

Abstrak: Kondisi jalan nasional dan jalan provinsi di lintas tengah pada umumnya terletak pada daerah pegunungan yang banyak terdapat tikungan, tanjakan dan turunan. Demikian juga halnya dengan ruas jalan Nasional Takengon - Bireuen yang terletak pada daerah pegunungan dan sering terjandi bencana alam longsor, kurang baik sistem geometrik jalan berpengaruh terhadap waktu tempuh dan kenyamanan pengguna jalan. Untuk mengantisipasi permasalahan tersebut, tahun 2008 pemerintah Aceh mulai menganggarkan dana untuk peningkatan jalan Bener Meriah – Sp. Krueng Geukueh yang merupakan jalan eks. PT. KKA (Kertas Kraft Aceh) yang berubah status untuk jalan propinsi dengan keputusan menteri dalam negeri dan otonomi daerah nomor : 55 tahun 2000 tanggal 22 Desember 2000 tentang daftar jalan propinsi di wilayah propinsi daerah istimewa Aceh dengan nama ruas jalan Sp. Kebayakan – Sp. Krueng Geukueh. Ruas jalan sp. Kebayakan – sp. Krueng Geukueh terletak di Kabupaten Aceh Tengah, kabupaten Bener Meriah dan Kabupaten Aceh Utara dengan panjang jalan 90 km. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Biaya Operasional Kendaraan (BOK), penghematan nilai waktu dan mengevaluasi kelayakan ekonomi berdasarkan Benefit Cost Ratio (BCR), Net Present Value (NPV), Economic Internal Rate of Return (EIRR) dan Analisis Sensitivitas. Hasil penelitian diperoleh selisih nilai waktu rata rata mobil penumpang Rp130.437,-/kend, bus Rp860.451,-/kend, truk Rp90.991,-/kend dan Selisih total rata rata biaya operasional kendaraan mobil penumpang Rp474,-/kend/km, bus Rp2.162,-/kend/km, truk Rp1.476,-/kend/km. Kelayakan ekonomi peningkatan jalan Bener Meriah – Sp. Krueng Geukueh pada tahun 2027 diperoleh Nilai EIRR pada discount rate 18,97%, ini menunjukkan bahwa peningkatan jalan Bener Meriah – Sp. Krueng Geukueh sangat layak untuk dilaksanakan dengan suku bunga pinjaman bank sampai dengan 18,97% dan peka terhadap analisa sensitivitas dengan perubahan biaya dan manfaat pada sensitivitas riset dengan biaya naik 10%, manfaat turun 10%. Kata kunci : BOK, nilai waktu , kelayakan ekonomi dan analisa sensitivitas

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISA KELAYAKAN INDUSTRI PENGOLAHAN KOPI ARABIKA GAYO DENGAN PENDEKATAN EKONOMI TEKNIK DI KABUPATEN BENER MERIAH (Mirza Saputra, 2017)

STUDI BIAYA OPERASIONAL KENDARAAN (BOK) DAN NILAI WAKTU PERJALANAN RUAS JALAN SIMPANG WER LAH – SIMPANG LANCANG KABUPATEN BENER MERIAH (Mudji Burrahman, 2016)

KAJIAN KELAYAKAN PENINGKATAN JALANRNBERDASARKAN ANALISA NILAI EKONOMI TRANSPORTASIRN(STUDI KASUS PADA JALAN T. ISKANDAR KOTA BANDA ACEH MENUJURNBANDARA INTERNASIONAL SULTAN ISKANDAR MUDA (SIM)) (FAHRIZA ZULFAN, 2015)

KAJIAN KESESUAIAN PENGGUNAAN LAHAN DENGAN RENCANA TATA RUANG WILAYAH (RTRW) KABUPATEN BENER MERIAH (Sylvia Zahara, 2016)

EVALUASI KEMAMPUAN LOMPAT JAUH SISWA MAN LAMPAHAN KABUPATEN BENER MERIAH TAHUN PELAJARAN 2013/2014 (HASMAWATI, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.