Search :

Advance


PERBEDAAN HASIL BELAJAR FISIKA YANG DIUKUR DENGAN TEKA-TEKI SILANG DAN TES BIASA KELAS VII MTSN MODEL BANDA ACEH

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Fithri Fadhli - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas Fakultas KIP
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata kunci : teka-teki silang, hasil belajar Banyak siswa yang mengeluhkan tentang sulitnya mata pelajaran fisika karena mereka beranggapan bahwa mata pelajaran fisika memiliki banyak rumus yang harus dihafal dan sulitnya mereka memahami konsep-konsep fisika. Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbedaan hasil belajar mengggunakan teka-teki silang. Penelitian ini dilakukan di MTsN Model kelas VII sebanyak dua kelas yang berjumlah 46 siswa. Adapun sampel diambil sebanyak dua kelas secara Purposive sampling yaitu kelas VII-2 berjumlah 23 siswa sebagai kelas yang menggunakan alat ukur evaluasi berbentuk teka-teki silang dan kelas VII-6 berjumlah 23 siswa sebagai kelas yang menggunakan alat ukur evaluasi berbentuk tes isian. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan desain penelitian nonequivalen control group design. Hasil belajar diukur dengan memberikan soal pretest dan posttest dengan bentuk soal pilihan ganda berjumlah 20 soal. Diperoleh uji t dengan taraf signifikan α = 0,05 dan derajat kebebasan 44 dari tabel distribusi diperoleh ttabel=1,68 dengan thitung=2,2. Kriteria pengujian adalah terima Ho jika ???? < ???? 1−???? dan tolak Ho jika t mempunyai harga-harga lain. Dari pengolahan data thitung=2,2 jelas berada dalam penerimaan Ha yaitu 2,2>1,68 maka Ho ditolak. Dapat disimpulkan bahwa hasil belajar kelas yang menggunakan alat ukur evaluasi berbentuk teka-teki silang lebih baik daripada kelas yang menggunakan alat ukur evaluasi berbentuk tes isian pada materi pemuaian dan contohnya kelas VII di MTsN Model Banda Aceh tahun ajaran 2015/2016.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

BENTUK DAN MAKNA TEKA-TEKI DALAM MASYARAKAT JAMÈE DI KECAMATAN LABUHANHAJI (FITRIA SAPUTRI, 2016)

PERBEDAAN HASIL BELAJAR FISIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PENGAJARAN LANGSUNG DAN MODEL QUANTUM TEACHING PADA SISWA KELAS VIII MTSN KUTA BARO ACEH BESAR (Lia Musnidar, 2015)

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA YANG DIAJARKAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER DAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS PADA SISWA KELAS VIII MTSN MODEL BANDA ACEH (Ista Ana, 2017)

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION DENGAN WORD SQUARE PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU KELAS VIII SMP NEGERI 11 BANDA ACEH (Erni Widayanti, 2014)

PERBEDAAN PRESTASI BELAJAR FISIKA SISWA BERDASARKAN TINGKAT PENDIDIKAN ORANG TUA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 6 BANDA ACEH (Putri Zuhra, 2013)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.