Search :

Advance


SIMULASI NUMERIK DINAMIKA GELOMBANG TSUNAMI PADA STRUKTUR BANGUNAN PELABUHAN PERIKANAN SAMUDERA (PPS) LAMPULO

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang M Nouval Akram - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas Fakultas Teknik
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

Kerusakan bangunan di Kota Banda Aceh pada saat setelah bencana gempa dan tsunami pada Tahun 2004 yang lalu diantaranya kolom patah, bangunan retak pada dinding, jalan putus, jembatan rubuh dan bahkan ada bangunan yang rusak seluruhnya sampai ke pondasi. Pelabuhan merupakan komplek bangunan yang paling dekat dengan laut dan akan berpotensi besar mengalami kerusakan apabila terjadi tsunami. Bencana tsunami Tahun 2004 merusak pelabuhan yang ada di Banda Aceh salah satunya yaitu Pelabuhan Lampulo. Penelitian ini bertujuan mengkaji potensi kerusakan pada Pelabuhan Lampulo yang diharapkan dapat dikembangkan menjadi pedoman dalam perencanaan mitigasi bencana di daerah pelabuhan tersebut. Objek yang ditinjau pada penelitian ini bangunan breakwater, kios, TPI, dan masjid pelabuhan. Simulasi menggunakan 5 skenario gempa dengan skala Mw 7,5, 8,0, 8,5, 9,0 dan 9,15. Metode perhitungan parameter gempa menggunakan persamaan yang dikembangkan oleh Wells & Coppersmith dan perhitungan gaya gelombang tsunami berdasarkan peraturan yang dikeluarkan oleh FEMA-P646. Analisis kerusakan armor breakwater menggunakan prinsip transpor sedimen yaitu perbandingan tengangan geser maksimum dan tegangan geser kritisnya, sedangkan analisis kerusakan komponen struktur bangunan menggunakan prinsip analisis struktur sederhana. Kesimpulan hasil simulasi menunjukkan bahwa kerusakan pada bangunan di PPS Lampulo disebabkan oleh tsunami dengan skala gempa Mw ≥ 8,5. Skenario gempa dengan skala Mw 8,5 merusak armor breakwater sebesar 35,9% dengan total panjang 645,5 m, gempa skala Mw 9,0 dan 9,15 sebesar 37,7% dengan total panjang 823,5 m. Kolom yang mengalami kerusakan hanya kolom beton kios ukuran 25x19. Kerusakan pada dinding bangunan di PPS Lampulo terjadi pada skenario gempa skala Mw 9,0 dan 9,15 disebabkan rasio perbandingan gaya tsunami maksimum dan gaya tahanan lateralnya melebihi nilai rasio izin yaitu sebesar 1,896 dan 2,065. Disarankan agar penelitian ini dilanjutkan sampai pada tahapan perencanaan mitigasi di daerah tersebut. Selain itu juga, perhitungan struktur disarankan agar menggunakan software struktur yaitu SAP2000 atau ETABS sehingga didapatkan hasil analisis struktur yang lebih baik. Kata kunci : simulasi numerik, gaya tsunami, tegangan geser, struktur bangunan

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

SIMULASI NUMERIK DINAMIKA GELOMBANG TSUNAMI PADA STRUKTUR BANGUNAN PELABUHAN PERIKANAN SAMUDERA (PPS) LAMPULO (M Nouval Akram, 2017)

PENGELOLAAN PELABUHAN PERIKANAN SAMUDERA (PPS) LAMPULO YANG BARU (IMPLEMENTASI QANUN ACEH NOMOR 7 TAHUN 2010 TENTANG PERIKANAN) (AUZA FAHREZA, 2014)

HUBUNGAN PANJANG ALAT TANGKAP PURSE SEINE DENGAN HASIL TANGKAPAN DI PELABUHAN PERIKANAN SAMUDERA (PPS) LAMPULO, ACEH (Khairul Anwar, 2017)

KELAYAKAN LUAS KOLAM PELABUHAN PERIKANAN PANTAI LAMPULO KURUN WAKTU 10 TAHUN KEDEPAN (Muchraja Ilham, 2016)

PERANCANGAN INDUSTRI PENGOLAHAN PERIKANAN LAMPULO DI BANDA ACEH (TEMA : ARSITEKTUR HIGH TECH) (Bayu Ari Gunawan, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.