Search :

Advance


KANDUNGAN PROTEIN DAN DAYA TERIMA KONSUMEN PADA PRODUK IKAN KEUMAMAH YANG DI JUAL DI PASAR KOTA BANDA ACEH

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Anisa Warisman - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Anisa Warisman. 2017. Kandungan Protein dan Daya Terima Konsumen Pada Produk Ikan Keumamah Yang Di Jual Di Pasar Kota Banda Aceh. Skripsi, Jurusan Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Dr. Safrida, S.Pd., M.Si (2) Dr. Cut Nurmaliah, M.Pd. Kata Kunci: Kandungan Protein, Daya Terima Konsumen, Ikan Keumamah, Kemasan Karton Duplex, Polipropilen Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kandungan protein dan daya terima konsumen dengan uji organoleptik pada ikan keumamah yang di jual di pasar Kota Banda Aceh. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Objek penelitian ini adalah ikan keumamah. Ikan keumamah yang digunakan dalam penelitian ini ada 2 jenis kemasan yang berbeda sejumlah 20 kemasan. Data kandungan protein dianalisis menggunakan rumus persentase dan dideskripsikan. Analisis data uji organoleptik menggunakan analisis deskriptif dan uji-t berdasarkan kualitas organoleptik berupa rasa, warna, tekstrur dan aroma. Berdasarkan hasil penelitian dapat dilihat bahwa kemasan A yaitu ikan keumamah dengan kemasan polipropilen memiliki kandungan protein sebesar 70,64% dan kemasan B yaitu ikan keumamah dengan kemasan karton duplex dengan kadar protein sebesar 67,87%. Uji Organoleptik untuk parameter rasa dan warna, nilai rata-rata tertinggi yaitu pada ikan keumamah kemasan B yaitu menggunakan kemasan karton duplex dengan nilai masing-masing 3,71 dan 4,24. Parameter aroma dan tekstur, nilai rata-rata tertinggi yaitu Ikan keumamah dengan kemasan A yaitu dengan kemasan polipropilen, dengan nilai masing-masing 3,41 dan 3,58. Simpulan penelitian ini ialah nilai rata-rata kandungan protein ikan keumamah dengan kemasan A (plastik polipropilen) adalah 70,64% dan kemasan B (karton duplex) adalah 67,87%. Panelis lebih menyukai aroma dan tekstur ikan keumamah kemasan A dan untuk parameter rasa dan warna lebih menyukai ikan keumamah kemasan B.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH PERENDAMAN IKAN KEUMAMAH TERHADAP KADAR PROTEIN (Jumhuri, S.KH, 2014)

DETEKSI KANDUNGAN FORMALIN PADA KEUMAMAH DI PASAR TRADISIONAL KOTA BANDA ACEH (Cici Nabila Putri, 2015)

STATUS KONSERVASI JENIS IKAN HIU YANG DIPERJUALBELIKAN DI TPI LAMPULO DAN PASAR PEUNAYONG KECAMATAN KUTA ALAM KOTA BANDA ACEH (HAZIA AWANIS, 2015)

ISOLASI DAN IDENTIFIKASI ESCHERICHIA COLI DAN STAPHYLOCOCCUS AUREUS PADA KEUMAMAH YANG DIJUAL DI PASAR TRADISIONAL LAMBARO ACEH BESAR (Liza Ummamie, 2017)

PENGARUH PENAMBAHAN TEPUNG IKAN KAYU (KEUMAMAH) DALAM PEMBUATAN COOKIES (Nurul Fajri, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.