//

PENGARUH PERENDAMAN BERBAGAI LARUTAN TERHADAP PENURUNAN KADAR FORMALIN PADA IKAN ASIN KEMBUNG (SCOMBER CANAGORTA) DI PASAR LAMBARO ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Febrina Rahmadhani - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Febrina Rahmadhani. 2017. Pengaruh Perendaman Berbagai Larutan Terhadap Penurunan Kadar Formalin Pada Ikan Asin Kembung (Scomber canagorta) di Pasar Lambaro, Aceh Besar. Skripsi, Jurusan Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing : (1) Dr. Safrida, S.Pd., M.Si (2) Dr. Djufri, M.Si Kata Kunci: Formalin, Ikan Asin, Larutan Cuka, Larutan Garam, Air Leri Penelitian tentang “Pengaruh Perendaman Berbagai Larutan Terhadap Penurunan Kadar Formalin Pada Ikan Asin Kembung (Scomber canagorta) di Pasar Lambaro, Aceh Besar” pada bulan Januari 2017 di Laboratorium Kesehatan Aceh dan Laboratorium Pendidikan Biologi FKIP Unsyiah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perendaman dengan berbagai larutan terhadap penurunan kadar formalin pada ikan asin kembung (Scomber canagorta). Penelitian menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan perlakuan berupa pemberian perendaman ikan asin dengan larutan yang berbeda yaitu: P0 = air biasa 500 ppm, P1 = larutan garam 500 ppm, P2 = larutan cuka 500 ppm, P3 = air leri 500 ppm, dan waktu perendaman masing-masing perlakuan adalah 60 menit. Analisis data dilakukan dengan analisis varian (ANAVA). Uji lanjut yang digunakan adalah Uji Duncan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh nyata (3,67 ≥ 3,10) pada taraf α = 0,05 perendaman dengan berbagai larutan terhadap penurunan kadar formalin. Hasil penelitian ini adalah penurunan kadar formalin tertinggi dengan menggunakan larutan cuka (P2) yaitu sebesar 74,27%, selanjutnya dengan menggunakan larutan garam (P1) sebesar 62,43%, selanjutnya air biasa (P0) yaitu sebesar 51,97% dan penurunan terendah dengan menggunakan air leri (P3) yaitu sebesar 28,8%. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat terdapat pengaruh perendaman berbagai dengan berbagai larutan terhadap penurunan kadar formalin pada ikan asin Kembung (Scomber conagorta). Penurunan kadar formalin pada ikan asin Kembung (Scomber canagorta) tertinggi adalah perlakuan perendaman dengan larutan cuka yaitu sebesar 4,33 mg/L dengan persentase 74,27 %.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS KADAR FORMALIN PADA IKAN ASIN DIRNPASAR LAMBARO DAN PASAR KEUTAPANG DUARNKABUPATEN ACEH BESAR (CUT FITRIA RISDA YANTI, 2015)

EFEKTIVITAS EKSTRAK LENGKUAS (LENGUAS GALANGA) SEBAGAI PEREDUKSI KADAR FORMALIN PADA IKAN KEUMAMAH DARI (EUTHYNNUS AFFINIS) (Wirdatul Wahida, 2015)

PENGARUH PEMBERIAN EKSTRAK JAHE (ZINGIBER OFFICINALE) TERHADAP PENURUNAN KADAR FORMALIN PADA CUMI-CUMI ASIN (LOLIGO SP) DI PASAR PEUNAYONG KOTA BANDA ACEH (Silviani, 2018)

EFEKTIVITAS EKSTRAK KUNYIT (CURCUMA DOMESTICA)DALAM MEREDUKSI FORMALIN PADA KERANG (ANADARA SP) ASIN (Risnawati, 2016)

PENGARUH PEMBERIAN NATRIUM KLORIDA (NACL) DAN DERAJAT SUHU SEBAGAI DEFORMALINATOR PADA IKAN DENCIS (Jeffri Pamungkas S, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy