Search :

Advance


HUBUNGAN ANTARA KEHARMONISAN KELUARGA DENGAN KESTABILAN EMOSI REMAJA (SUATU PENELITIAN PADA SISWA SMA NEGERI 6 BANDA ACEH)

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Sas Idiarni - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Sas Idiarni, Hubungan antara Keharmonisan Keluarga dengan Kestabilan Emosi Remaja (Suatu Penelitian pada Siswa SMA Negeri 6 Banda Aceh). Skripsi, Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Drs. Said Nurdin, M.Si., (2) Drs. Abu Bakar, M.Si. Kata kunci: Hubungan-Keharmonisan Keluarga-Kestabilan Emosi Remaja Untuk menciptakan keluarga yang harmonis, peran dan fungsi orang tua sangat menentukan. Keluarga yang tidak bahagia atau tidak harmonis mengakibatkan kecenderungan anak yang tidak stabil emosinya semakin tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran keharmonisan keluarga, kestabilan emosi serta hubungan antara keduanya pada remaja SMA Negeri 6 Banda Aceh. Populasi penelitian ini adalah sebanyak 168 siswa kelas XI. Sedangkan sampel sebanyak 118 siswa. Jenis penelitian adalah deskriptif korelasional dengan pendekatan kuantitatif dan menggunakan teknik pengumpulan data melalui angket. Hasil analisis deskriptif data menunjukkan bahwa gambaran keharmonisan keluarga berada pada kategori sedang. Demikian juga dengan gambaran kestabilan emosi remaja berada pada taraf sedang. Berdasarkan hasil penelitian terdapat hubungan antara keharmonisan keluarga dengan kestabilan emosi remaja SMA Negeri 6 Banda Aceh dengan nilai rhitung > rtabel yaitu 0,407 > 0,176 pada alpha 0,05. Artinya, keharmonisan keluarga berhubungan secara positif dan signifikan dengan kestabilan emosi remaja, sehingga hipotesis Ha diterima. Dengan kata lain, semakin positif dan signifikan keharmonisan keluarga, maka semakin stabil pula emosi remaja.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN PERILAKU DELINKUEN PADA REMAJA LAKI-LAKI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 2 BANDA ACEH TAHUN 2013 (RUZWAR WAHYUDI, 2014)

PENERAPAN TEKNIK EXPRESSIVE WRITING UNTUK MENINGKATKAN PENGELOLAAN EMOSI REMAJA (SUATU PENELITIAN PRA-EKSPERIMEN PADA SISWA DI SMA INSHAFUDDIN BANDA ACEH) (Mustabsyirah, 2015)

ANALISIS FAKTOR KELUARGA YANG BERHUBUNGAN DENGAN PERILAKU MEROKOK PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI DI KABUPATEN ACEH BESAR (NURUL SEPTIANA, 2016)

HUBUNGAN KECERDASAN EMOSI DENGAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL PADA SISWA SMA NEGERI 6 BANDA ACEH (RAMAYANTI, 2016)

PENGUNGKAPAN DIRI DAN KAITANNYA DENGAN HUBUNGAN INTERPERSONAL REMAJA (STUDI KORELASIONAL DI SMAN 5 BANDA ACEH) (Fitra Marsela , 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.