Search :

Advance


PROFIL HEMATOLOGI IKAN MUJAIR (OREOCHROMIS MOSSAMBICUS) YANG TERPAPAR MERKURI KLORIDA (HGCL 2 )

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Cut Nurlaila Sari - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

PROFIL HEMATOLOGI IKAN MUJAIR (Oreochromis mossambicus) YANG TERPAPAR MERKURI KLORIDA (HgCl 2 ) ABSTRAK Penelitian ini bertujuan menghitung jumlah sel darah putih, jumlah sel darah merah, kadar hemoglobin, nilai hematokrit dan jumlah trombosit ikan mujair (Oreochromis mossambicus) yang diberi paparan merkuri klorida (HgCl 2 ). Sampel ikan diambil dari tambak ikan Gampong Cadek, Banda Aceh sebanyak 36 ekor. Rancangan yang digunakan yaitu rancangan acak lengkap pola faktorial 3x4, terdiri dari 4 kelompok perlakuan dengan 3 ulangan. Faktor A (lama perlakuan 10, 20 dan 30 hari) dan faktor B (paparan merkuri klorida 0,00; 0,25; 0,50; dan 0,75 ppm). Ikan sebanyak 9 ekor dimasukkan ke dalam masing-masing akuarium berisi 100 liter air. Sampel darah diambil pada vena caudalis sebanyak 1 ml dari 3 ekor ikan mujair pada setiap kelompok pada hari ke 10, 20, dan 30. Darah diperiksa dengan menggunakan Hematology Analyzer. Hasil penelitian menunjukkan bahwa paparan merkuri klorida tidak mempengaruhi jumlah sel darah putih, jumlah sel darah merah, kadar hemoglobin, nilai hematokrit dan jumlah trombosit ikan mujair. Hasil juga menunjukkan tidak ada pengaruh interaksi antara konsentrasi paparan merkuri klorida dan lama paparan merkuri klorida terhadap profil hematologi.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

GAMBARAN PATOLOGI ANATOMI DAN HISTOPATOLOGIS GONAD JANTAN IKAN MUJAIR (OREOCHROMIS MOSSAMBICUS) YANG TERPAPAR MERKURI KLORIDA (HGCL2) (Putika Sari Ayu B, 2017)

GAMBARAN HISTOPATOLOGIS GINJAL IKAN MUJAIR (OREOCHROMIS MOSSAMBICUS) YANG TERPAPAR MERKURI KLORIDA (HGCL2) (Dewi Sandra, 2017)

GAMBARAN HISTOPATOLOGIS HATI IKAN MUJAIR (OREOCHROMIS MOSSAMBICUS) YANG TERPAPAR MERKURI KLORIDA (HGCL2) (Ina Satria, 2017)

PENGARUH KONSENTRASI EKSTRAK METANOL BIJI PUTAT AIR (BARRINGTONIA RACEMOSA) TERHADAP MORTALITAS IKAN MUJAIR (OREOCHROMIS MOSSAMBICUS) (liatul fatimah, 2013)

GAMBARAN HISTOPATOLOGIS USUS IKAN MUJAIR (OREOCHROMIS MOSSAMBICUS) YANG TERPAPAR MERKURI KLORIDA (HGCL2) (Hasni Marmas, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.