Search :

Advance


IDENTIFIKASI DAN KONSENTRASI ZAT PEWARNA PADA SAUS YANG DIJUAL PADA MAKANAN JAJANAN DI PINGGIR PANTAI ULEE LHEUE KOTA BANDA ACEH

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Safriani - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

Safriani. 2016. “Identifikasi dan Konsentrasi Zat pewarna pada saus yang dijual pada makanan jajanan di pinggir pantai Ulee lheue kota Banda Aceh”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing. (1) Drs.Supriatno, M.Si., Ph.D (2) Dr. Hafnati Rahmatan, M. Si. Kata Kunci: Makanan Jajanan, Saus, Zat pewarna. Rhodamin B. Jajanan sangat digemari seperti bakso bakar, bakso goreng, tempe goreng, tahu goreng dan jagung bakar oleh masyarakat yang disantap dengan tambahan saus. Untuk menarik minat pembeli biasanya pedagang menambahkan zat pewarna sintesis untuk memberikan warna yang lebih menarik. Namun terkadang zat pewarna tersebut merupakan zat pewarna yang dilarang seperti Rhodamin B sehingga perlu dilakukan penelitian untuk mengidentifikasi dan konsentrasi zat pewarna yang terkandung di dalam aneka saus yang dijual pada makanan jajanan. Parameter penelitian yang diambil adalah zat pewarna dan konsentrasi Rhodamin B yang terdapat di dalam aneka saus. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Analisis zat pewarna menggunakan metode Kromatografi Kertas dan Spektrofotometer UV-Vis dengan panjang gelombang 600 nm di laboratorium Prodi Pendidikan Kimia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan serta Laboratorum Analisis Pangan Tekhnik Hasil Pertanian Unsyiah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat zat pewarna pada saus Dena dengan Rf 0,66 cm dan saus Bandar dengan Rf 0,77 cm. Konsentrasi zat pewarna Rhodamin B yang terkandung di dalam saus dena adalah 10,575 ppm serta 0,10% di samping itu kandungan Rhodamin B pada saus Bandar adalah 6,5 ppm serta 0,06%. Kesimpulannya adalah terdapat Rhodamin B pada Saus Dena dan Bandar yang digunakan pedagang pada makanan jajanan di pinggir pantai Ulee Lheue kota Banda Aceh.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

DAMPAK PENGEMBANGAN OBJEK WISATA PANTAI ULEE LHEUE TERHADAP KEARIFAN LOKAL MASYARAKAT ( STUDI KASUS DI DESA ULEE LHEUE KECAMATAN MEURAXA KOTA BANDA ACEH ) (M.Adi Kusuma Rayesh, 2013)

ANALISIS ANGKA PENGGANDA PADA PARIWISATA KOTA BANDA ACEH DAN KABUPATEN ACEH BESAR TERHADAP PENDAPATAN MASYARAKAT: STUDI KASUS PANTAI ULEE LHEUE DAN LAMPUUK (Afriwanda, 2016)

ANALISIS PENDAPATAN PEDAGANG DIKAWASAN RNPANTAI ULEE LHEUE KECAMATAN MEURAXARNKOTA BANDA ACEH (Erni Fitriyanti, 2014)

STRUKTUR KOMUNITAS REKRUTMEN KARANG PADA SEAWALL DI PANTAI ULEE LHEUE KOTA BANDA ACEH (Putra Maulana, 2015)

PERSEPSI PENGGUNA SERTA FAKTOR-FAKTOR PENGEMBANGAN SARANA DAN PRASARANA PELABUHAN PENYEBERANGAN ULEE LHEUE (rio oktaparizki, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.