Search :

Advance


KUALITAS TES MATEMATIKA SEMESTER GANJIL KELAS VIII SMP NEGERI 7 BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Iza Rona - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Rona, Iza. 2017.Kualitas Tes Matematika Semester GanjilKelas VIII SMP Negeri 7 Banda Aceh Tahun Pelajaran 2016/2017. Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Drs. Salasi R, M.Pd . (2) Drs. Musafir Kumar, M.Si. Kata Kunci: Validitas, Reliabilitas, Daya beda, Tingkat kesukaran, Pengecoh Tes yang baik harus memenuhi beberapa syarat kualitas tes yaitu validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya beda, dan fungsi pengecoh. Apabila suatu perangkat tes tidak di analisismaka perangkat tes tersebut tidak dapat digunakan untuk mengukur hasil belajar peserta didik. Analisis butir soal suatu tes sangat diperlukan untuk melihat kualitas suatu perangkat tes agar dapat digunakan untuk mengukur hasil belajar. Kenyataannya masih banyak guru yang belummelakukan analisis butir soal yang digunakan untuk melihat hasil belajar peserta didik. Hal ini mendukung peneliti untuk melakukan suatu penelitian yang bertujuan mengetahui kualitas tes matematika semester ganjil di kelas VIII SMP Negeri 7 Banda Aceh tahun pelajaran 2016/2017. Peneliti menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjekpenelitian ini meliputi butir soal pada tes dan lembar jawaban peserta didik yang mengikuti ujian semester ganjil kelas VIII-C tahun pelajaran 2016/2017. Data diperoleh dari dokumentasi sekolah. Hasil analisis data butir soal tes matematika kelas VIII SMP Negeri 7 Banda Aceh Tahun Pelajaran 2016/2017menunjukkan bahwa (1) Validitas butir soal setengah bagian yangtergolong rendah dan sangat rendah yaitu27 dari 40 butir soal, (2) Reliabilitas soal tergolong rendahyaitu 0,0741, (3) Tingkat kesukaran butir soal sebagian besartergolong sedangyaitu 25 dari 40 butir soal,tergolong sukar 14dari 40 butir soal, dan hanya 1 dari 40butir soal yang tergolong mudah. (4) Daya beda butir soal tergolong jelek yaitu 21 dari 40butir soal, dan tergolong cukup 13 dari 40butir soal, (5) Tingkat efektifitas fungsi pengecoh (distraktor) butir soal hampir semua tidak berfungsi secara efektifhanya butir soal nomor 2 yang memenuhi kriteria. Berdaasarkan aspek-aspek tersebut dapat disimpulkan secara keseluruhan soal tes bentuk pilihan ganda yang digunakan guru bidang studi matematika pada ujian semester ganjil kelas VIII SMP Negeri 7 Banda Aceh Tahun Pelajaran 2016/2017 belum cukup berkualitas untuk digunakan sebagai alat ukur keberhasilan belajar peserta didik.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS BUTIR SOAL UJIAN SEMESTER GANJIL MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS VII DI SMP NEGERI 8 BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2013/2014 (Ernawati, 2014)

KUALITAS TES MATEMATIKA PADA UJIAN SEMESTER GANJIL SISWA KELAS VII SMP NEGERI 10 BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2013/2014 (Nadhiah Hanum, 2014)

ANALISIS HASIL BELAJAR MATEMATIKA UJIAN SEMESTER GANJIL SISWA KELAS V SD NEGERI 22 BANDA ACEH (Fifi Fajar, 2014)

ANALISIS TES MATEMATIKA DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 9 BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2012/2013 (Suri Khairah, 2014)

ANALISIS BUTIR SOAL UJIAN SEMESTER I (GANJIL) MATA PELAJARAN MATEMATIKA PADA KELAS V SD NEGERI LAMREUNG ACEH BESAR TAHUN PELAJARAN 2013/2014 (fikriatinur, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.