//

PENGGUNAAN TEKNIK SOSIODRAMA DALAM MENINGKATKAN PERILAKU PROSOSIAL PADA REMAJA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Nanda Mutia - Personal Name

Abstrak/Catatan

Kata kunci: Teknik Sosiodrama, Perilaku Prososial Penelitian yang berjudul “Penggunaan Teknik Sosiodrama dalam Meningkatkan perilaku Prososial” bertujuan untuk melihat tingkat perilaku prososial siswa SMAN 3 Banda aceh sebelum dan sesudah diberikan teknik sosiodrama. Penelitian ini menggunakan pendekatan Mixed Method dengan jenis penelitiannya yaitu penelitian tindakan. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 9 orang yang memeiliki tingkat intensitas perilaku prososial rendah, penarikan sampel dilakukan secara random sampling. Pengumpulan data menggunakan metode angket yang bersifat tertutup dengan skala 1-3 dan observasi. Data penelitian dianalisis dengan analisis statistik sign test. Hasil analisis data menunjukkan tingkat intensitas perilaku prososial siswa mengalami peningkatan setelah diberikan teknik sosiodrama, dengan perubahan positif (+) atau disebut juga dengan X ada sebanyak 8. Dengan melihat tabel binomial pada n=9 dan p= 0.5, probabilitas untuk X ≥ 8 adalah 0.018+0.002 = 0.02. Karena 0.02 lebih kecil dari 0.05 maka hipotesis diterima. Artinya, teknik sosiodrama efektif dalam meningkatkan perilaku prososial pada taraf signifikasi 0.05. Berdasarkan data observasi menunjukkan perbedaan perilaku siswa sebelum dan sesudah diberikan treatment, terlihat siswa sudah mengarah untuk lebih cepat dalam pengambilan keputusan untuk melakukan perilaku prososial dan terlihat tidak ragu-ragu.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

MENINGKATKAN PERILAKU PROSOSIAL ANAK MELALUI METODE BERMAIN PERAN DI TK FKIP UNSYIAH DARUSSALAM BANDA ACEH (NUR HAYATI, 2018)

PENGGUNAAN TEKNIK SOSIODRAMA DALAM MENINGKATKAN PERILAKU ASERTIF PADA SISWA SMAN 5 BANDA ACEH (Dinar Chairani, 2017)

PENGARUH SELF ESTEEM TERHADAP PERILAKU PROSOSIAL SISWA SMP N 18 BANDA ACEH (Yanti Sri Wahyuni, 2017)

EFEKTIVITAS PERMAINAN TRADISIONAL ACEH DALAM RNMENINGKATKAN PERILAKU PROSOSIAL PADARNSISWA-SISWI SMP INSHAFUDDIN RNBANDA ACEH (MELLY AMALIYA, 2014)

PENERAPAN DISKUSI KELOMPOK DENGAN MEDIA KOMIK UNTUK MENINGKATKAN PERILAKU PROSOSIAL (Nudhar Nabila, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy