Search :

Advance


PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI STATISTIKA DI KELAS XI SMA NEGERI 12 BANDA ACEH 2016/2017

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Tiya Yustira - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

Matematika merupakan ilmu universal yang mendasari perkembangan teknologi modern, pembelajaran matematika mempunyai peran penting dalam berbagai disiplin ilmu dan memajukan daya pikir manusia, oleh karena itu pembelajaran matematika harus melibatkan siswa secara aktif baik mental, fisik, emosional, dan sosial untuk membuktikan kebenaran dari hukum dan dan teori matematika yang telah dipelajari. Jika hal tersebut tidak terlaksanakan dalam proses belajar mengajar, maka dapat berpengaruh terhadap konsep dan prestasi hasil belajarnya. Untuk mengatasi hal tersebut dapat digunakan model pembelajaran Problem Based Learning, sehingga siswa dapat secara langsung memecahkan masalah kehidupan nyata dengan masalah-masalah yang diberikan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah Melalui Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning pada materi statistika dikelas X1 SMA Negeri 12 Banda Aceh dapat mencapai ketuntasan hasil belajar? Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar siswa pada materi statistika melalui model pembelajaran Problem Based Learning dikelas X1 SMA Negeri 12 Banda Aceh. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Adapun Jenis penelitian adalah pre-eksperimental (Quasy Eksperiment) desaign jenis one shot case study. Populasinya seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 12 Banda Aceh, sampel penelitian yang diambil secara acak adalah kelas XI IPA 1 sebanyak 28 siswa. Materi yang diajarkan adalah statistika khususnya ukuran pemusatan data. Teknik pengumpulan data dengan tes hasil belajar siswa. Sedangkan pegolahan data dilakukan dengan menggunakan uji-t pihak kanan pada taraf signifikan α = 0,05 dengan dk=27. Adapun kriteria pengujiannya adalah tolak H_o jika t_hitung ≥ t_tabel dan terima H_o jika t berharga lain. Dari hasil pengolahan data didapatkan t_hitung = 5,66 dan t_tabel = 1,70, sehingga t_hitung ≥ t_tabel, maka hipotesis H_o ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dapat mencapai ketuntasan hasil belajar siswa kelas XI SMA Negeri 12 Banda Aceh.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBASIS KONSTRUKTIVISME UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA PADA MATERI USAHA DAN ENERGI DI KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 DARUSSALAM (Cut Eka Parasamya, 2017)

PEMBELAJARAN MATERI STATISTIKA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING SISWA KELAS X SMAN 1 KRUENG BARONA JAYA TAHUN PELAJARAN 2013/2014 (Yuiska Kurnia Maifi, 2015)

PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA DI SMP NEGERI 2 KUTA BARO (Vira Afrinanda, 2015)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI STATISTIKA DI KELAS XI SMA NEGERI 12 BANDA ACEH 2016/2017 (Tiya Yustira, 2017)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL)RNPADA MATERI STATISTIKA DI KELAS VII RNSMP NEGERI 8 BANDA ACEH (Khairun Nisak, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.