Search :

Advance


DISTRIBUSI TIRAM BAKAU (CRASSOSTREARHIZOPORAE) PADA AKAR MANGROVE DESA TIBANG KECAMATAN SYIAH KUALA KOTA BANDA ACEH

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Risa Rianda - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Rianda, Risa. 2017. Distribusi Tiram Bakau (Crassostrea rhizoporae) pada Akar Mangrove Desa Tibang Kecamatan Syiah Kuala Kota Banda Aceh. Skripsi, Jurusan Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Prof. Dr. M. Ali S., M. Si., (2) Mimie Saputri, S.Pd., M.EEL. Kata kunci: Distribusi, Crassostrea rhizoporae, Ekosistem mangrove. Tiram Bakau Crassostrea rhizoporae di ekosistem mangrove Desa Tibang diduga telah mengalami tekanan ekologis. Hal ini dapat menyebabkan penurunan distribusi dari C.rhizoporae yang terdapat di kawasan Desa Tibang. Untuk mendapatkan informasi yang akurat mengenai distribusi C.rhizoporae pada akar mangrove dan potensi kawasan ekosistem mangrove sebagai habitat C.rhizoporae maka diperlukan adanya pengkajian melalui kegiatan penelitian yang bertujuan untuk (1) Mengetahui pola distribusi C.rhizoporaepada akar mangrove, (2) Mengetahui hubungan faktor lingkungan dengan distribusi C.rhizoporaepada akar mangrove, dan (3) Menghasilkan peta distribusiC.rhizoporaepada akar mangrove. Data distribusi diperoleh melalui penggunaan metode survei dengan teknik purposive sampling. Analisis data pola distribusi dengan rumus Indeks Morisita. Hasil penelitian diperoleh pola distribusi C. rhizoporae pada akar mangrove dengan nilai Indeks Morisita pada masing-masing stasiunnya adalah stasiun I 1.20, stasiun II 1.22, dan stasiun III 1.21. Faktor lingkungan C. rhizoporae dengan suhu air berkisar antara 30⁰C-33⁰C, suhu udara berkisar 26⁰C-29⁰C, salinitas berkisar 20-28(‰), dan pH berkisar 7-8. Peta distribusi C. rhizophorae pada akar mangrove menggambarkan dengan pola distribusi secara berkelompok yang tertinggi pada stasiun II pada koordinat 95⁰20’52.88”-95⁰21’1.07” BT dan 5⁰35’21.42”-5⁰35’31.25” sedangkan yang terendah di stasiun III pada koordinat 95⁰20’51.57”-95⁰20’54.21” BT dan 5⁰35’5.37”-5⁰35’7.83” LU.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KELIMPAHAN DAN KEANEKARAGAMAN ZOOPLANKTON DI PERAIRAN EKOSISTEM MANGROVE GAMPONG TIBANG KECAMATAN SYIAH KUALA KOTA BANDA ACEH (Nurasyidah, 2016)

KAJIAN JUMLAH INDIVIDU DAN MORFOMETRIKRNKEPITING BAKAU (SCYLLA SP.) DISEKITAR HUTAN RNMANGGROVE KECAMATAN SYIAH KUALARNBANDA ACEH (AULIA AKBAR, 2015)

KELIMPAHAN KEPITING BAKAU (SCYLLA SP.) DI KAWASAN REHABILITASI MANGROVE PULO SAROK KECAMATAN SINGKIL KABUPATEN ACEH SINGKIL (Desriansyah Putra, 2016)

PENGARUH PADAT PENEBARAN TERHADAP PERTUMBUHAN DAN KELAN PENGARUH PADAT PENEBARAN TERHADAP PERTUMBUHAN DAN KELANGSUNGAN HIDUP TIRAM PENGARUH PADAT PENEBARAN TERHADAP SUNGAN HIDUP TIRAM PEDAGING PEDAGING (CRASSOSTREA SP. ) YANG DIBUDIDAYAKAN DENGAN METODE APUNG ) YANG DIBUDIDAYAKAN (Resi Rosana Wita, 2017)

DISTRIBUSI SPASIAL GASTROPODA BERDASARKAN TIPE SUBSTRAT DI EKOSISTEM MANGROVE ALUE NAGA RNKECAMATAN SYIAH KUALA RNKOTA BANDA ACEH (Fifi Arsita, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.