Search :

Advance


EKSTRAKSI ION BESI(III) DAN KOBAL(II) DENGAN 1-PHENYL-3-METHYL-4-BENZOYL-5-PYRAZOLONE (HPMBP) MENGGUNAKAN METODE EKSTRAKSI CAIR-CAIR

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Wilda Nur - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui rendemen senyawa HPMBP dari hasil sintesis dan pengaruh pH terhadap ekstraksi ion besi(III) dan kobal(II) dengan ekstraktan HPMBP menggunakan metode ekstraksi cair-cair. Sintesis HPMBP dilakukan sebanyak 2 kali. Cara kerja sintesis dilakukan dengan mencampurkan 1-phenyl-3-methyl-5-pyrazolone, benzoil klorida, dan katalis kalsium hidroksida dengan perbandingan 1:1:2, ke dalam pelarut 1,4-dioksan. Setelah itu direfluks selama 3 jam pada suhu 110-120oC. Kristal hasil sintesis diuji dengan FT-IR. Ekstraksi ion besi(III) dan kobal(II) dilakukan dengan ekstraktan HPMBP hasil sintesis menggunakan metode ekstraksi cair-cair dan pH divariasikan menjadi 2,6; 3,2; 3,8; dan 4,4. Ion logam dari hasil ekstraksi dianalisis dengan AAS. Warna kristal HPMBP hasil sintesis adalah kuning dan rendemen hasil sintesis HPMBP pertama sebesar 47,270% dan kedua sebesar 14,925%. Spektrum hasil IR keduanya menunjukkan bahwa relatif sesuai dengan struktur senyawa HPMBP standar. Kualitas kristal hasil sintesis kedua lebih baik daripada yang pertama. Berdasarkan hasil ekstraksi ion besi(III) dan kobal(II) dengan ekstraktan HPMBP diperoleh bahwa semakin rendah tingkat keasaman pH larutan sampel ion maka semakin banyak hasil ekstraksi yang diperoleh. Hasil ekstraksi besi(III) lebih baik daripada kobal(II) karena menggunakan ekstraktan HPMBP hasil sintesis kedua.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

EKSTRAKSI ION BESI(III) DAN KOBAL(II) DENGAN 1-PHENYL-3-METHYL-4-BENZOYL-5-PYRAZOLONE (HPMBP) MENGGUNAKAN METODE EKSTRAKSI CAIR-CAIR (Wilda Nur, 2017)

PENGARUH PEMBERIAN LIMBAH CAIR TAHU TERHADAP PERTUMBUHAN TETRASELMIS SP. (Agus SriMuliadi, 2017)

EFEKTIVITAS PUPUK CAIR AMPAS TEBU (SACCHARUM OFFICINARUM L.) DALAM PERTUMBUHAN GENERATIF KEDELAI (GLYCINE MAX (L.) MERRILL) (Cut Maulydia Irmas, 2016)

FORMULASI DAN EVALUASI SEDIAAN SABUN CAIR DARI MINYAK JAGUNG (OLEUM MAYDIS) (Arina Tajriyani, 2016)

FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB EKSTRAKSI GIGI PASIEN RUMAH SAKIT GIGI MULUT UNIVERSITAS SYIAH KUALA BANDA ACEH PERIODE MARET-APRIL 2015 (MEUTIASARI ISMIYANTI, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.