Search :

Advance


PENERAPAN TEKNIK SENI BERPIKIR TERATAI MEKAR UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS MAHASISWA

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Cut Nurul Wazna - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas Fakultas KIP
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

Kata kunci : Kreativitas, Ide, Teknik Seni Berpikir Teratai Mekar Kreativitas seseorang berbeda-beda, namun kreativitas bukanlah murni sifat bawaan dalam diri melainkan dapat dipupuk salah satunya dengan teknik seni berpikir Teratai Mekar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan kreativitas dalam menemukan ide sebagai tema penelitian antara kelompok yang diberikan treatment Teratai Mekar dan kelompok yang tidak diberi treatment. Metode yang digunakan adalah quasi experimental research dengan pre-test dan post-test group design. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa angket berskala. Teknik analisis data dengan sign test. Populasinya adalah semester 6 di program studi Bimbingan dan Konseling FKIP Universitas Syiah Kuala. Sebanyak 20 mahasiswa dipilih secara random untuk dijadikan sampel dan dibagikan ke dalam dua kelompok berbeda, yakni kelompok perlakuan dan kelompok pembanding. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa terdapat perbedaan skor antara kelompok perlakuan dengan kelompok pembanding. Kelompok perlakuan mengalami peningkatan nilai rata-rata (mean) lebih besar dibandingkan kelompok pembanding, yaitu 64.9≥ 49.1. Dengan melihat tabel binominal n=10 dan p=0.05, probabilitas untuk X≥10 adalah 0.000. Karena 0.000 lebih kecil dari 0.05 dan W=58, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan kreativitas yang signifikan antara kelompok yang menggunakan teknik seni berpikir Teratai Mekar dibandingkan kelompok yang tidak menggunakan teknik seni berpikir Teratai Mekar.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

MANAJEMEN PEMBELAJARAN SENI BUDAYA DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK DI DAYAH TERPADU SMA INSHAFUDDIN BANDA ACEH (Cut Putro, 2016)

PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN READING QUESTIONING AND ANSWERING (RQA)PADA PERKULIAHAN BOTANI TUMBUHAN RENDAH TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF (MULYADI, 2014)

UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER (Isnaini, 2017)

PENERAPAN KURIKULUM 2013 BIDANG STUDI SENI BUDAYA DI SMP KELAS VII SEKABUPATEN NAGAN RAYA (RIKA NURLISMA HN, 2015)

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA PADA PERKULIAHAN ZOOLOGI INVERTEBRATA DI UNIVERSITAS SERAMBI MEKKAH BANDA ACEH (azwir, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.