Search :

Advance


PEMAHAMAN SISWA TERHADAP MATERI ARITMATIKA SOSIAL MELALUI METODE PEMBELAJARAN SQ3R DI SMP NEGERI 19 PERCONTOHAN BANDA ACEH

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Nurul Zahara - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

Pemahaman merupakan aspek penting dalam matematika. Kenyataan menunjukkan pemahaman siswa masih kurang salah satunya adalah pada materi Aritmetika Sosial. Perlu upaya untuk meningkatkan pemahaman siswa dengan strategi pembelajaran yang tepat dalam perlibatan siswa secara maksimal saat pembelajaran. Metode pembelajaran SQ3R (survey-question-read-recite-review) dapat memudahkan siswa memahami materi yang akan dipelajari secara langsung, bertanya tentang materi tersebut dan mencoba memahami materi dengan membaca. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pemahaman siswa terhadap materi Aritmatika Sosial melalui metode pembelajaran SQ3R pada kelas VII SMP Negeri 19 Percontohan Banda Aceh. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-5 SMP Negeri 19 Percontohan Banda Aceh. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes tertulis dan wawancara. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman siswa terhadap materi Aritmatika Sosial melalui metode pembelajaran SQ3R pada kelas VII SMP Negeri 19 Percontohan Banda Aceh berada pada kategori baik, seterusnya siswa pada kelompok berkemampuan tinggi mampu mengklasifikasikan objek-objek berdasarkan dipenuhi tidaknya persyaratan yang membentuk definisi, dapat melakukan operasi dengan benar, mampu memberikan alasan berupa definisi setiap langkah relasi dalam matematika serta dapat mengaitkan berbagai definisi relasi dalam matematika. Siswa pada kelompok berkemampuan sedang mampu mengklasifikasikan objek-objek berdasarkan dipenuhi tidaknya persyaratan yang membentuk definisi, mampu memberikan alasan berupa definisi setiap langkah relasi dalam matematika serta dapat mengaitkan berbagai definisi relasi dalam matematika tetapi masih terdapat subjek yang keliru dalam operasi matematika namun subjek mampu menjelaskan dengan baik. Siswa pada kelompok berkemampuan rendah masih kurang baik dalam mengklasifikasikan objek-objek berdasarkan dipenuhi tidaknya persyaratan yang membentuk definisi, dapat melakukan operasi dengan benar, kurang mampu memberikan alasan berupa definisi setiap langkah relasi dalam matematika serta mengaitkan berbagai definisi relasi dalam matematika masih kurang baik, dikarenakan ada beberapa materi yang belum mampu dipahaminya.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN METODE SQ3R PADA MATERI ARITMATIKA SOSIALRNDI KELAS VII SMP NEGERI 1 BANDA ACEH (Viki Intania, 2015)

HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING PADA MATERI BARISAN DAN DERET ARITMATIKA KELAS X SMA NEGERI 11 BANDA ACEH (Heriyansyah Putra, 2015)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL RNDI KELAS VII SMP NEGERI 3 BANDA ACEH (Fazaliana, 2014)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINKTALK-WRITE(TTW) PADA MATERI ARITMATIKA SOSIALSISWA KELAS VII SMP NEGERI 10 BANDA ACEH (Nairuz Hanifah, 2014)

PENERAPAN PENDEKATAN REACT PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL DI KELAS VII MTSN RUKOH BANDA ACEHTAHUN PELAJARAN 2014/2015 (Siti Indira Jannah, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.