Search :

Advance


JUMLAH MELANOMAKROFAG CENTER (MMC) PADA HATI DAN GINJAL IKAN NILA (OREOCHROMIS NILOTICUS) YANG DIPELIHARA DENGAN KEPADATAN POPULASI DI ATAS NORMAL

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Nurul Hadi - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

Penelitian ini bertujuan mengetahui jumlah melanomakrofag center (MMC) pada hati dan ginjal ikan nila (Oreochromis niloticus) yang dipelihara dengan kepadatan populasi di atas normal. Lima puluh ekor ikan nila dibagi atas empat kelompok perlakuan yaitu kelompok I adalah control (P0) terdiri atas 5 ekor ikan, kelompok II (P1) 10 ekor ikan, kelompok III (P2) 15 ekor ikan, dan kelompok IV (P3) 20 ekor ikan. Perlakuan dilakukan selama 24 jam. Kemudian ikan dinekropsi, hati dan ginjal dikoleksi dan difiksasi dalam larutan Neutral Buffered Formalin (NBF) 10%. Selanjutnya dilakukan pembuatan sediaan histopatologi dengan menggunakan pewarnaan hematoksilin dan eosin (HE). Pengamatan histopatologi dan perhitungan jumlah MMC pada organ hati dan ginjal ikan nila dilakukan dengan menggunakan mikroskop. Gambaran MMC difoto dengan menggunakan photomicrograph. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif. Rata-rata jumlah MMC pada hati ikan nila pada kelompok perlakuan P0; P1; P2; dan P3 secara berturut-turut adalah 9,6; 11,3; 12,6; dan 13,2. Rata-rata jumlah MMC pada ginjal ikan nila kelompok P0; P1; P2; dan P3 secara berturut-turut adalah 5,5; 7,7; 8,5; dan 9,2. Hasil rataan menunjukkan peningkatan jumlah MMC pada setiap kelompok perlakuan. Hal ini menunjukkan bahwa pemeliharaan ikan nila pada kepadatan di atas normal dapat mempengaruhi jumlah MMC pada hati dan ginjal.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

GAMBARAN HISTOPATOLOGIS HATI DAN GINJAL IKAN NILA (OREOCHROMIS NILOTICUS) YANG DIINJEKSI AEROMONAS HYDROPHILA KAITANNYA DENGAN JUMLAH MELANOMAKROFAG CENTER (Dian Pratiwi, 2016)

PENGARUH SALINITAS AIR TERHADAP PERSENTASE PENINGKATAN BOBOT BADAN IKAN NILA (ORECHROMIS NILOTICUS) (fauzi, 2015)

PENGARUH SUHU PEMELIHARAAN IKAN DAN MASA SIMPAN DAGING IKAN NILA (OREOCHROMIS NILOTICUS) PADA PENYIMPANAN SUHU -20°C TERHADAP JUMLAH TOTAL BAKTERI (Nurdiani Muliana Sitakar, 2015)

PENGARUH KEPADATAN POPULASI TERHADAP GAMBARAN PATOLOGI ANATOMI DAN HISTOPATOLOGI INSANG IKAN NILA (OREOCHROMIS NILOTICUS) (Eka Janni Haqqawiy, 2014)

JUMLAH BAKTERI PSIKOTROPIK PADA IKAN NILA (OREOCHROMIS NILOTICUS) YANG DIBERI PENINGKATAN SUHU PEMELIHARAAN (safni kamal, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.