Search :

Advance


PEMBELAJARAN BANGUN RUANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INVESTIGASI KELOMPOK DI MTSN 2 BANDA ACEH

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Nurul Afla - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

Berdasarkan pengamatan yang dilakukan di MTsN 2 Banda Aceh, guru lebih sering mengajar dengan cara ceramah daripada menggunakan model-model kooperatif. Selain itu, nilai matematika siswa kelas VIII di MTsN 2 Banda Aceh tergolong rendah, sedikit sekali siswa yang mendapat nilai di atas KKM. Berdasarkan masalah di atas peneliti tertarik melakukan penelitian dengan judul pembelajaran bangun ruang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok di MTsN 2 banda aceh. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah melalui penerapan model investigasi kelompok pada materi bangun ruang di kelas VIII MTsN 2 Banda Aceh hasil belajar siswa mencapai ketuntasan? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar siswa setelah menerapkan model investigasi kelompok. Hipotesis dari penelitian ini adalah melalui penerapan model investigasi kelompok pada materi bangun ruang di kelas VIII MTsN 2 Banda Aceh hasil belajar siswa telah mencapai ketuntasan. Penelitian yang dilakukan berupa penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen yaitu pre experimental design dengan jenis one-shot case study. Materi yang diajarkan adalah bangun ruang kubus dan balok. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII di MTsN 2 Banda Aceh sebanyak 7 kelas, sedangkan sampel ditentukan secara acak dan terpilih kelas VIII-1. Teknik pengumpulan data berupa tes yang berbentuk essay sebanyak 3 soal. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan uji-t pihak kanan dengan taraf signifikan 0,05. Dari hasil tersebut terlihat t hitung = 2,1250 dan t tabel = 1,70 dengan taraf signifikan α = 0,05 sehingga t hitung > t tabel maka H1 diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model investigasi kelompok pada materi bangun ruang di kelas VIII MTsN 2 Banda Aceh hasil belajar siswa telah mencapai ketuntasan.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA YANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGASI (GI) DENGAN KONVENSIONAL PADA MATERI BANGUN RUANGRNDI KELAS V SD NEGERI 62 BANDA ACEH (Yelva Putri, 2014)

HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE PADA MATERI BANGUN RUANG DI KELAS IV SD NEGERI 18 BANDA ACEH (nur maulidawati, 2013)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY PADA MATERI JARING-JARING BANGUN RUANG DI KELAS V SD NEGERI 02 BANDA ACEH (Zaliani, 2014)

KETUNTASAN BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAME TURNAMENT (TGT) PADA MATERI BANGUN RUANG DI KELAS VIII MTSN TUNGKOB ACEH BESAR (Yusnimar, 2013)

EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI PADA MATERI BANGUN DATAR DI KELAS VII MTSN LHOKNGA ACEH BESAR (Rizki Intan Benazir, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.