Search :

Advance


KOMBINASI FILTRASI KARBON AKTIF DAN TEKNOLOGI MEMBRAN UNTUK PENYISISHAN KEKERUHAN, TOTAL DISSOLVED SOLID DAN LOGAM FE DARI AIR SUMUR TERCEMAR TSUNAMI

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Arif Fadillah - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Air merupakan senyawa kimia yang memiliki peranan penting bagi kehidupan makhluk hidup. Sumber air yang dapat dipergunakan untuk memenuhi kebutuhan bagi pemukiman penduduk dapat bersasal dari beberapa sumber antara lain adalah air permukaan, air sungai, air danau, dan mata air. Filtrasi adalah suatu proses pemisahan zat padat dari fluida dengan menggunakan medium berpori. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kekeruhan dan kadar Fe pada air sumur sebelum dan sesudah filtrasi dengan menggunakan kombinasi filtrasi karbon aktif dan teknologi membran guna mendapatkan cara terbaik untuk pengolahan air tercemar menjadi air bersih. Penelitian ini menggunakan bahan baku air sumur dengan jenis filter karbon aktif, kerikil, ijuk, dan membran. Volume bahan baku yang digunakan adalah 10 liter dengan ketingggian filter 120 cm. Air baku yang digunakan berasal dari Desa Tibang, Desa Cadek, dan Desa Rukoh yang terletak di Kota Banda Aceh. Waktu kontak yang digunakan pada penelitian ini adalah 5 menit, 10 menit, dan 15 menit dengan jenis membran DTS dan PES+DMSO. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknologi menggunakan membran mendapatkan hasil lebih efisien. Turbidity yang dihasilkan pada air sumur Desa Tibang dengan menggunakan metode teknologi membran mengalami penurunan yang sangat berbeda dengan metode filtrasi karbon aktif, metode filtrasi karbon aktif mengalami penurunan dari 5,45 NTU menjadi 3,37 NTU, sedangkan dengan metode teknologi membran 5,45 menjadi 0,9 NTU. Kata kunci : Karbon aktif, DTS, PES DMSO, Teknologi membran.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

SINTESIS DAN KARAKTERISASI MEMBRAN POLIURETAN BERBASIS MINYAK BIJI ALPUKAT (AVOCADO SEED OIL) DAN HEKSAMETILEN-1,6-DIISOSIANAT (HMDI) (Fitriani, 2016)

PENURUNAN KADAR LOGAM CD AIR TANAH MELALUI KOMBINASI ADSORPSI NANO ZEOLIT ALAM ACEH DAN PENYARINGAN DENGAN MEMBRAN ULTRAFILTRASI (Cut Raziah, 2017)

PENGARUH KONSENTRASI KHITOSAN DAN LILIN LEBAH SEBAGAI PELAPIS ALAMI TERHADAP MUTU DAN LAMA PENYIMPANAN MANGGA CENGKEH (MANGIFERA INDICA L.) (rosyida, 2014)

PENURUNAN KADAR LOGAM BESI AIR TANAH MELALUI KOMBINASI ADSORPSI DENGAN ZEOLIT ALAM BANDA ACEH DAN MEMBRAN ULTRAFILTRASI (Hasni, 2015)

PROFIL FILTRASI LARUTAN NATRIUM ALGINAT DENGAN PENDEKATAN MODEL CAKE FOULING PADA MODUL TUNGGAL CROSS-FLOW MEMBRAN HOLLOW-FIBER PENGARUH ION LOGAM DAN PH (SUFFRIANDY SATRIA, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.