//

PENGEMBANGAN PROFESI PENGAWAS PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PENGAWAS DI KOTA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Nursanti - Personal Name
SubjectPERFORMANCE
SCHOOL MANAGEMENT
SCHOOL SUPERVISION
Bahasa Indonesia
Fakultas Program Studi Magister Administrasi Pendidikan Universitas Syiah Kuala
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

PENGEMBANGAN PROFESI PENGAWAS PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PENGAWAS DI KOTA BANDA ACEH Oleh: Nursanti NIM: 1409200050037 Komisi Pembimbing: 1. Prof. Dr. Murniati AR, M. Pd. 2. Dr. Niswanto, M. Pd. ABSTRAK Pengembangan profesi pengawas pendidikan agama Islam merupakan proses persiapan menuju profesionalitas dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab yang dibebankan kepada pengawas pendidikan agama Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui program, implementasi, evaluasi dan faktor-faktor yang mempengaruhi pelaksanaan pengembangan profesi pengawas pendidikan agama Islam dalam meningkatkan kompetensi pengawas di Kota Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif, teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Subjek penelitian adalah Kepala Kementerian Agama Kota Banda Aceh, Kepala Seksi Pendidikan Agama Islam, Ketua Kelompok Kerja Pengawas dan Tenaga Pengawas Pendidikan Agama Islam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penyusunan program pengembangan profesi pengawas tidak dirumuskan hanya mengadopsi program pengembangan dari Kawil Kementerian Agama Provinsi Aceh kegiatan yang dilakukan hanya mengirimkan peserta pada kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh Kanwil Kementerian Provinsi Aceh, (2) Implementasi pelaksanaan program pengembangan profesi pengawas menggunakan strategi rapat koordinasi, kegiatan ilmiah berupa pelatihan, seminar dan workshop, serta diskusi kelompok kerja pengawas, (3) Evaluasi terhadap pengembangan profesi pengawas pelaksanaannya berupa pembuatan laporan pengawas, (4) Faktor-faktor yang mempengaruhi pengembangan profesi pengawas dalam meningkatkan Kompetensi pengawas berupa manajemen administrasi, sumber daya keuangan, sumber daya manusia yang mengelola kegiatan pengembangan serta sumber daya manusia yang menjadi fasillitator dalam kegiatan pengembangan profesi pengawas pendidikan agama Islam. Kata Kunci: Pengembangan, Profesi, Kompetensi, dan Pengawas

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

SUPERVISI PENGAWAS MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PADA MIN MEULABOH KABUPATEN ACEH BARAT (HANIFUDDIN JAMIN, 2015)

MANAJEMEN PENGAWAS DALAM PELAKSANAAN SUPERVISI PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DI KOTA BANDA ACEH (NUR MUHAMMAD, 2013)

MANAJEMEN PENGAWAS PADA KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN SIMEULUE (Sudirman, 2016)

STRATEGI PENGAWAS DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DI MIN BUNGCALA KABUPATEN ACEH BESAR (RACHMAYANI, 2017)

MANAJEMEN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN PADA SD NEGERI DAYAH GUCI KABUPATEN PIDIE. (Muhammad Nur, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy