Search :

Advance


KAJIAN POLA SEBARAN SEDIMEN PADA SALURAN BANJIR SUNGAI KRUENG ACEH

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang alfaisal - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas Fakultas Pasca Sarjana
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

Krueng Aceh merupakan salah satu sungai besar di Provinsi Aceh, berada dalam wilayah Daerah Aliran Sungai (DAS) Krueng Aceh dengan luas DAS 17.800 Ha dan panjang sungai 145 Km. Untuk meminimalisir terjadinya banjir di kota Banda Aceh dengan debit banjir rancangan sebesar 1.300 m3/detik, maka untuk debit banjir 400 m3/detik dialirkan melalui sungai Kr. Aceh existing. Sedangkan untuk debit banjir sebesar 900 m3/detik dialirkan melalui saluran banjir dari bendung pelimpah banjir (Diversion Weir). Pada beberapa lokasi di sungai induk dikhawatirkan elevasi muka air akan mencapai puncak tanggul. Ini akibat dari pendangkalan yang terjadi di bagian muara dengan adanya konsentrasi sedimen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola sebaran sedimen pada bagian hilir saluran banjir, mengetahui volume sedimen yang terkonsentrasi setelah kejadian banjir dan mengetahui bagaimana pergerakan sedimen terjadi setelah banjir. Penelitian dilakukan dengan simulasi numerik menggunakan software Delft3D yang berfungsi sebagai model transpor sedimen pada lokasi simulasi. Model ini menggunakan grid dengan ukuran 20 m x 20 m. Data yang digunakan adalah data topografi dan batimetri dari Balai Wilayah Sungai Sumatera-I dan parameter sedimen dari hasil pengambilan sampel di lokasi kajian. Hasil simulasi menunjukkan bahwa, pola sebaran sedimen pada saluran banjir sungai Krueng Aceh memiliki pola yang relatif tetap khususnya pada sisi kanan muara, peningkatan sedimen setelah terjadinya banjir sebesar 868.236 m3 dan yang tergerus sebesar 2.039.560 m3. Artinya volume sedimen yang mengendap lebih kecil dari pada yang tergerus. Namun yang tergerus tersebut hanya pada jalur dengan arus yang lebih besar. Hasil dari simulasi dengan menggunakan debit banjir rancangan lima tahunan, sedimen yang berada di sisi kanan muara tidak mampu tergelontor ke laut. Hal ini akibat dari bentuk meander saluran yang berbelok, jetty di sisi kiri yang kurang panjang dan arus banjir yang tidak merata. Upaya yang dapat dilakukan yaitu dengan memperpanjang jetty sisi kiri sampai kedalaman gelombang pecah dan membuat river training untuk mengarahkan arus ke bagian sedimen di sisi kanan muara. Kata kunci : Saluran Banjir, Sedimen, Delft3D, Muara

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KAJIAN SEBARAN SUBSTRAT SEDIMEN DI MUARA SUNGAI KUALA BUBON KABUPATEN ACEH BARAT (OGA FAHMI, 2016)

KARAKTERISTIK STRUKTUR SEDIMEN DI KAWASAN TELUK BALOHAN KECAMATAN SUKA JAYA KOTA SABANG (Tengku Putra Fajran Alamsyah, 2016)

PENGARUH PEMBUATAN WADUK RUKOH DAN WADUK TIRO TERHADAP PENURUNAN MUKA AIR BANJIR SUNGAI KRUENG TIRO KABUPATEN PIDIE (edi subroto, 2016)

ANALISA ANCAMAN BANJIR RISIKO RESIDUAL PADA KANAL BANJIR KRUENG ACEH (Meliyana, 2015)

DISTRIBUSI SEDIMEN PADA SISTEM FLUVIAL DI GAMPONG LEUNGAH KABUPATEN ACEH BESAR (Harry Handoko, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.