//

KAJIAN EFEKTIFITAS METODE MANADO SEBAGAI SOLUSI PENGGANTI METODE AMALGAMASI PADA PERTAMBANGAN EMAS RAKYAT, KECAMATAN GEUMPANG, PIDIE, ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Muhammad Qasthari Ersa - Personal Name

Abstrak/Catatan

Penambangan emas secara tradisional di Aceh, lebih tepatnya di Geumpang, Pidie, menggunakan metode amalgamasi dalam pengolahan emas. Penggunaan merkuri pada metoda amalgamasi sebagai salah satu alat bantu untuk memisahkan emas sudah terbukti berbahaya apabila dibuang begitu saja tanpa ada penanganan lebih lanjut terlebih dahulu. Bukan hanya menimbulkan masalah lingkungan, juga menimbulkan masalah kesehatan bagi pekerja yang ada di tambang itu sendiri. Penelitian ini dilakukakan untuk mengetahui tingkat efektifitas metode manado untuk menggantikan metode amalgamasi pada daerah Geumpang. Uji coba pada metode manado dilakukan pada skala laboratorium, dengan feed 300 gram serta variasi ukuran 100 dan 200 mesh. Hasil penelitian menunjukkan waktu proses yang dibutuhkan dalam pengolahan menggunakan metode manado sebesar 20-25 menit, tanpa menghitung waktu crushing dan grinding. Konsentrat yang dihasilkan rata-rata 5.52 gram (100 mesh) dan 3.5 gram (200 mesh). Biaya produksi yang dibutuhkan lebih ekonomis dan limbah yang dihasilkan lebih ramah lingkungan. Kata kunci: Metoda Manado, Amalgamasi, Merkuri, Pencemaran Lingkungan

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KEBIJAKAN PEMERINTAH ACEH DALAM UPAYA PENANGGULANGAN TAMBANG EMAS TRADISIONAL DI PROVINSI ACEH (STUDI KASUS DI GUNUNG UJEUN, KABUPATEN ACEH JAYA). (Ambia, 2016)

KEBIJAKAN PEMERINTAH ACEH DALAM UPAYA PENANGGULANGAN TAMBANG EMAS TRADISIONAL DI PROVINSI ACEH (STUDI KASUS DI GUNONG UJEUN, KABUPATEN ACEH JAYA) (Misbah Hidayatullah, 2016)

KEBIJAKAN PEMERINTAH PIDIE TERKAIT PENAMBANGAN EMAS ILLEGAL DI KECAMATAN MANE (MULIANI, 2016)

KAJIAN GOOD MINING PRACTICE PADA AKTIVITAS PERTAMBANGAN EMAS RAKYAT DI PROVINSI ACEH (STUDI KASUS DI GUNUNG UJEUN, KABUPATEN ACEH JAYA) (Zamdi Rahman, 2017)

KEBIJAKAN PEMERINTAH ACEH JAYA DALAM PENGELOLAAN PERTAMBANGAN EMAS RAKYAT(STUDI KASUS PERTAMBANGAN EMAS DI KECAMATAN KRUENG SABEE) (AMINAH, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy