Search :

Advance


PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA ANIMASI DAN MEDIA GAMBAR PADA MATERI MOMENTUM DAN IMPULS DI SMAN 8 BANDA ACEH

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Farah Dhiba - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Dhiba, Farah. 2011. Perbandingan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Media Animasi dan Media Gambar Pada Materi Momentum dan Impuls di SMAN 8 Banda Aceh. Skripsi, Jurusan Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Drs. Agus Wahyuni, M.Pd (2) Drs. Ahmad Hamid, M.Pd Kata kunci : Hasil Belajar, Media Animasi, Media Gambar Hasil belajar diperoleh sebagai akibat dari proses belajar. Belajar merupakan perubahan tingkah laku seseorang sebagai akibat interaksinya dengan lingkungannya dan dapat diperoleh dari pengalaman hidup seseorang. Setiap pembelajaran harus mempertimbangkan media yang efektif dan efisien. Media animasi dan media gambar sangat potensial untuk melatih peserta didik berpikir kreatif. Penulis memilih kedua media pembelajaran ini berdasarkan hasil penelitian sebelumnya yang menunjukkan bahwa media animasi dan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Adapun tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui perbandingan hasil belajar siswa dengan menggunakan media animasi dan media gambar pada materi Momentum dan Impuls di SMAN 8 Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi pada penelitian ini seluruh siswa kelas XI Mipa SMAN 8 Banda Aceh yaitu 5 kelas. Dari jumlah populasi tersebut ditetapkan sampel dengan masing-masing jumlah siswa 29 orang pada kelas eksperimen I dan kelas eksperimen II. Kelas XI Mipa 1 sebagai kelas eksperimen I dan kelas XI Mipa 4 sebagai kelas eksperimen II. Penentuan sampel dilakukan dengan Purposive Sampling. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen. Pengumpulan data dalam penelitian ini terdiri dari data pretest dan posttest. Pengolahan data menggunakan teknik statistik uji-t. Setelah data terkumpul, selanjutnya data diolah. Kemudian hasil analisis olah data menunjukkan bahwa kelas eksperimen I dan kelas eksperimen II memiliki sebaran nilai tes siswa yang berdistribusi normal, dan memiliki varian yang homogen, jadi penelitian dapat dilanjutkan. Hasil akhir berdasarkan perhitungan menggunakan uji-t diperoleh thitung > ttabel yaitu 3,21 > 1,67 maka hipotesis berada dalam penerimaan Ha, akibatnya tolak H0. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kemampuan hasil belajar yang diajarkan dengan menggunakan media animasi lebih baik dibandingkan dengan kemampuan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan media gambar pada materi Momentum dan Impuls di SMAN 8 Banda Aceh. Berdasarkan hasil dan pembahasan disarankan agar penggunaan media yang dapat menvisualisasikan materi-materi kedalam bentuk animasi sangat baik diterapkan didalam pembelajaran fisika, karena materi-materi maupun konsep fisika cenderung bersifat abstrak dan sulit dijelaskan dalam bentuk teks. Diharapkan seiring berkembangnya teknologi guru dapat terus mengembangkan media pembelajaran yang lebih efisien dalam memaksimalkan hasil belajar siswa.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

“PERBANDINGAN MEDIA ANIMASI POWERPOINT DENGAN MEDIA ANIMASI CAMTASIA SIMULATION FISIKA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SMAN 1 PEUKAN BADA ACEH BESAR” (mira elviani, 2016)

PENGEMBANGAN MEDIA ANIMASI POWERPOINT UNTUK PEMBELAJARAN KONSEP ASAM BASA (MUSLIMATUL WALIDAH, 2017)

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KERANGKA MANUSIA MELALUI MEDIA KERANGKA MANUSIA DAN MEDIA GAMBAR SISWA KELAS IV SDN LAMPEUNEURUT RNACEH BESAR (HUMAIRA, 2014)

PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA ASLI DAN MEDIA GAMBAR PADA MATERI PESAWAT SEDERHANA DI KELAS V SD NEGERI 62 BANDA ACEH (windayani, 2014)

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA VCD DAN MEDIA GAMBAR CETAK PADA MATERI KELANGKAAN SUMBERDAYA DAN KEBUTUHAN MANUSIA DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 KUTA BARO ACEH BESAR (Muhammad Rizal, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.