Search :

Advance


PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATERI CAHAYA KELAS VIII DI SMPN 1 DARUSSALAM ACEH BESAR

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Lita Amalia - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata kunci : Model pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat (STM) dan hasil belajar Penelitian yang berjudul Penerapan Model Pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat (STM) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Materi Cahaya Kelas VIII-1 Di SMPN 1 Darussalam Aceh Besar ini mengangkat masalah bagaimanakah hasil belajar siswa, aktivitas guru dan siswa, keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran dan respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran Pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa, aktivitas guru dan siswa, keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran, dan respon siswa terhadap penerapan model Pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat dalam proses pembelajaran. Peneliti menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) pada siswa kelas VIII-1 SMPN 1 Darussalam Aceh Besar tahun ajaran 2015/2016. Instrumen pengumpulan data penelitian yaitu tes, lembar pengamatan aktivitas guru dan siswa, lembar pengamatan kemampuan guru dalam mengelolaan pembelajaran, dan lembar respon siswa terhadap kegiatan PBM dengan menerapkan model pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat. Keempat instrumen dianalisis menggunakan uji persentase. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan tes hasil belajar siswa menunjukkan bahwa 1. Penerapan model pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII-1 SMPN 1 Darussalam dari siklus I sampai siklus III baik secara individual yaitu 71%, 80% dan 90% maupun klasikal yaitu 71,42%, 80,95% dan 90,47%. 2. Aktivitas guru dan siswa dengan penerapan model pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat dapat meningkatkan aktivitas guru dan siswa. 3. Kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran menggunakan model pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat menunjukkan peningkatan secara berturut-turut dari siklus I hingga siklus III 4. Respon siswa terhadap model pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat selama tiga siklus adalah positif. Ini menunjukkan bahwa siswa senang dengan kegiatan belajar mengajar, menganggap model pembelajaran ini termasuk hal yang baru, dan berminat untuk mengikuti pembelajaran. Berhubung model pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat dapat meningkatkan aktivitas siswa dan hasil belajar siswa pada materi Cahaya, maka disarankan agar dapat digunakan untuk materi lainnya yang relevan.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONCEPTUAL UNDRSTANDING PROCEDURES (PROSEDUR PEMAHAMAN KONSEP) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATERI CAHAYA KELAS VIII DI SMPN 2 MONTASIK ACEH BESAR (Ade Rahayu Fadhilla, 2016)

PENGARUH MODEL SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATA PELAJARAN FISIKA KELAS VIII SMP NEGERI 10 BANDA ACEH (EMI KURNIAWAN, 2015)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR (RAHMANI, 2015)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS (THINK-PAIR-SHARE) PADA MATERI PRISMA DAN LIMAS DI KELAS VIII SMPN 7 BANDA ACEH TAHUN AJARAN 2013/2014 (Padliadi, 2015)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI TEKANANDI SMPN 1 DARUSSALAM ACEH BESAR (Sari Zahriati, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.