//

EFEKTIFITAS PENERAPAN TUTOR SEBAYA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKn) DI KELAS VII SMP NEGERI 1 SAWANG KABUPATEN ACEH SELATAN

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang sardiah - Personal Name
SubjectMETHODS OF STUDY
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2013

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata kunci: efektifitas, tutor sebaya, pendidikan kewarganegaraan (PKn) Penelitian yang berjudul Efektifitas Penerapan Tutor Sebaya dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) di Kelas VII SMP Negeri 1 Sawang Kabupaten Aceh Selatan diterapkan pada materi penegakkan dan perlindungan HAM. Penelitian ini mengkaji masalah apakah efektif penerapan tutor sebaya dalam pembelajaran pendidikan kewarganegaraan (PKn), dan apakah penerapan tutor sebaya dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan (PKn) di kelas VII SMP Negeri 1 Sawang Kabupaten Aceh Selatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas penerapan tutor sebaya dalam pembelajaran pendidikan kewarganegaraan (PKn), dan untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa melalui penerapan tutor sebaya pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan (PKn) di kelas VII SMP Negeri 1 Sawang Kabupaten Aceh Selatan. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif melalui pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII-1 SMP Negeri 1 Sawang sebanyak 21 orang, terdiri atas 10 orang laki-laki dan 11 orang perempuan. Efektifitas penerapan tutor sebaya ditinjau dari 4 (empat) aspek kajian yang meliputi: (1) ketuntasan belajar, (2) aktivitas guru dalam mengelola pembelajaran, (3) aktivitas siswa, dan (4) respon siswa terhadap pembelajaran. Suatu pembelajaran dikatakan efektif apabila keempat hal ini terpenuhi atau paling sedikit tiga aspek terpenuhi dengan syarat aspek ketuntasan belajar terpenuhi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru menerapkan tutor sebaya dalam pembelajaran PKn adalah baik dan efektif, aktivitas siswa dalam mengikuti pembelajaran PKn dengan tutor sebaya adalah aktif dan efektif, hasil belajar siswa mencapai ketuntasan belajar klasikal dengan persentase ketuntasan 85,71% dan terjadi peningkatan prestasi belajar siswa, dan respon siswa terhadap penerapan tutor sebaya dalam pembelajaran PKn adalah positif dan efektif. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa tutor sebaya efektif diterapkan dalam pembelajaran pendidikan kewarganegaraan (PKn) di kelas VII SMP Negeri 1 Sawang Kabupaten Aceh Selatan. Penerapan tutor sebaya dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan (PKn) di kelas VII SMP Negeri 1 Sawang Kabupaten Aceh Selatan.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS X SMA NEGERI 5 BANDA ACEH (rusfa adini hasibuan, 2013)

PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA PADA PENJUMLAHAN PECAHAN DI KELAS IV SDRNNEGERI LAMTAMOT (DESDIANA, 2014)

PENERAPAN METODE TUTOR SEBAYA PADA MATERI BENTUK MOLEKUL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 UNGGUL DARUL IMARAH (juarnida, 2015)

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN EVERYONE IS A TEACHER HERE DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS XI SMA NEGERI 3 BANDA ACEH (Syarifah Riska, 2018)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA MENGGUNAKAN MEDIA TEKA-TEKI SILANG UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 KLUET SELATAN KABUPATEN ACEH SELATAN (Alina Misbar, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy