Search :

Advance


HUBUNGAN INTENSITAS BERMAIN GAME ONLINE BERUNSUR KEKERASAN DENGAN PERILAKU AGRESIF ANAK (STUDI PADA SDN 54, SDN 61 DAN SD IT AL- AZHAR)

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Putri Amalia - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

Penelitian ini berjudul “Hubungan Intensitas Bermain Game Online Berunsur Kekerasan Dengan Perilaku Agresif Anak (Studi Pada SDN 54, SDN 61 dan SD IT Al- Azhar)”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui jawaban tentang hubungan intensitas bermain game online berunsur kekerasan terhadap perilaku agresif anak di Banda Aceh dilihat dari ketiga sekolah dasar tersebut. Game online menempati peringkat ketujuh pada kategori aplikasi internet yang paling banyak digunakan di Indonesia berdasarkan riset Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) pada tahun 2013. Perilaku agresif terbentuk salah satunya akibat bermain game online berunsur kekerasan, kejadian ini pernah terjadi di Indonesia, pelaku mengaku terinspirasi salah satu game online First Person Shooter (FPS) Point Blank. Teori yang digunakan adalah Social Learning Theory. Dalam teori tersebut dikatakan bahwa ada beberapa tahapan terbentuknya perilaku melalui proses belajar sosial yaitu attention, retention, reproduction dan motivation. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenif eksplanatif. Alat pengumpulan data pada penelitian ini berupa kuesioner dan wawancara. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode multistage non probability sampling dan purposive sampling. Hasil analisis data menggunakan statistic parametric dengan teknik analisis data pearson, menunjukkan koefisien korelasi (r) sebesar 0,344 dengan nilai (p) = 0,001 ( p < 0,05 ). Berdasarkan hasil tersebut maka hipotesis yang diajukan diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara intensitas bermain game online berunsur kekerasan dengan perilaku agresif anak SDN 54, SDN 61 dan SD IT Al- Azhar di Banda Aceh. Hal ini dapat diartikan bahwa semakin tinggi intensitas bermain game online berunsur kekerasan maka semakin tinggi perilaku agresif, demikian juga sebaliknya. Kata Kunci: Intensitas, Game online Kekerasan, Perilaku Agresif, Anak.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN PERILAKU MENONTON TAYANGAN KEKERASANRNDI TELEVISI DENGAN PERILAKU AGRESIF DI SEKOLAHRNDASAR KECAMATAN SYIAH KUALARNBANDA ACEH (HUSNA, 2015)

PENGARUH INTENSITAS PENGGUNAAN GAME ONLINE DI FACEBOOK TERHADAP PERILAKU MURID SD DI KOTA BANDA ACEH (Maya Ulfah Yuswanda, 2015)

HUBUNGAN PENGAWASAN ORANG TUA DENGAN RNKEBIASAAN BERMAIN GAME ONLINE ANAK RNUSIA SEKOLAH DI SEKOLAH DASAR RNNEGERI 53 BANDA ACEH (Sri Wahyuni, 2015)

HUBUNGAN GAME ONLINE DENGAN CARA-CARA BELAJAR PADA ANAK USIA SEKOLAH DI MADRASAH IBTIDAYAH NEGRI TUNGKOP KECAMATAN DARUSSALAM KABUPATEN ACEH BESAR (HERI JUANDA, 2016)

HUBUNGAN PERILAKU ADIKSI GAME ONLINE DENGAN PERKEMBANGAN KOGNITIF REMAJA (13-15 TAHUN) DI SMP NEGERI 8 KOTA BANDA ACEH TAHUN 2013 (PUTRI ASNANI, 2013)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.