Search :

Advance


IDENTIFIKASI DAN REMEDIASI MISKONSEPSI KONSEP HUKUM NEWTON DENGAN MENGGUNAKAN METODE EKSPERIMEN DI MAN DARUSSALAM

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Ria Zulvita - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas Fakultas KIP
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Zulvita, Ria. 2016. Identifikasi dan Remediasi Miskonsepsi pada konsep Hukum Newton Menggunakan Metode Eksperimen di MAN Darussalam. Skripsi, Jurusan Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing; (1) Dr. Abdul Halim, M.Si, (2) Dra. Elisa Kasli, M.Si Kata Kunci: Identifikasi, remediasi, miskonsepsi, metode eksperimen, Hukum Newton Penelitian yang berjudul Identifikasi dan Remediasi Miskonsepsi pada konsep Hukum Newton Menggunakan Metode Eksperimen di MAN Darussalam, peneliti bertujuan untuk mengetahui tingkat miskonsepsi siswa pada materi Hukum Newton dan meremediasikan miskonsepsi menggunakan metode eksperimen. Pada jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa-siswi kelas X MIA 3 MAN Darussalam tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 25 orang. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa soal choice 4 option dengan menggunakan kriteria CRI (certainty Responden Index) dan alasan responden. Sedangkan untuk meremediasikan miskonsepsi menggunakan metode eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan adanya miskonsepsi yang terjadi pada siswa dibuktikan dengan persentase rata-rata hasil yang didapat sebelum melakukan remediasi yaitu, siswa mengalami Tahu Konsep (TK) sebanyak 15,4%, siswa yang mengalami Not Confident (NC) sebanyak 7%, siswa yang mengalami Tidak Tahu Konsep (TTK) sebanyak 30% dan siswa yang mengalami Miskonsepsi (M) sebanyak 44,8%. Dan setelah melakukan remediasi persentase Rata-rata hasil persentase yang didapat setelah melakukan remediasi yaitu siswa mengalami Tahu Konsep (TK) sebanyak 30%, siswa yang mengalami Not Confident (NC) sebanyak 13,6%, siswa yang mengalami Tidak Tahu Konsep (TTK) sebanyak 27%% dan siswa yang mengalami Miskonsepsi (M) sebanyak 25,6%. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa metode eksperimen dapat mengurangi miskonsepsi yang terjadi pada siswa.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PERUBAHAN KONSEPTUAL (CONCEPTUAL CHANGE) SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DITINJAU DARI PENALARAN FORMAL SISWA (Elva Wirda, 2016)

IDENTIFIKASI MISKONSEPSI SISWA DAN GURU BIOLOGI PADA KONSEP SISTEM REPRODUKSI MANUSIA DI KELAS XI IPA SMA NEGERI KOTA BANDA ACEH (Lyanda Fitriani Chaniarosi, 2017)

IDENTIFIKASI MISKONSEPSI SISWA PADA MATERI GETARAN DAN GELOMBANG KELAS VIII DI MTSN RUKOH (Moni Mutia Liza, 2016)

IDENTIFIKASI MISKONSEPSI PADA KONSEP MEKANIKA MENGGUNAKAN CERTAINTY OF RESPONSE INDEX (CRI) PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN FISIKA FKIP UNSYIAH TAHUN AKADEMIK 2012/2013 (Frima Yanty Berutu, 2014)

IDENTIFIKASI MISKONSEPSI SISWA DALAM PEMBELAJARAN RNFISIKA PADA POKOK BAHASAN LISTRIK DINAMIS RNDI SMA NEGERI 2 BANDA ACEH (Tia Ariani, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.