Search :

Advance


PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ROPES (REVIEW, OVERVIEW, PRESENTATION, EXERCISE, SUMMARY) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA PADA MATERI ALAT-ALAT OPTIK DI KELAS X IA-1 SMA NEGERI 4 BANDA ACEH

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Rizka Nurul Dina - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Dina, Rizka Nurul. 2016. Penerapan Model Pembelajaran ROPES (Review, Overview, Presentation, Exercise, Summary) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika pada Materi Alat-Alat Optik di Kelas X IA-1 SMA Negeri 4 Banda Aceh. Skripsi, Jurusan Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Drs. Agus Wahyuni, M.Pd., (2) Dr. Saminan, M.Pd. Kata kunci: model pembelajaran ROPES, hasil belajar, alat -alat optik Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas belajar dan hasil belajar. Hasil belajar fisika masih kurang dari Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yang ditentukan sekolah. Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yang ditentukan sekolah yaitu 75. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa, keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran, respon dan hasil belajar siswa dengan diterapkannya model pembelajaran ROPES. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X IA-1 SMA Negeri 4 Banda Aceh dengan jumlah keseluruhan siswa 30 sedangkan objek penelitian adalah hasil belajar fisika. Instrumen penelitian yang digunakan untuk menilai aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran serta keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran yaitu lembar observasi. Tes objektif digunakan untuk menentukan hasil belajar siswa sedangkan respon siswa diketahui dari lembar respon siswa. Aktivitas guru dan siswa selama pembelajaran menggunakan model ROPE S meningkat. Aktivitas guru pada siklus I dikategorikan baik, pada siklus II dan III dikategorikan sangat baik. Aktivitas siswa pada siklus I dan II dikategorikan baik sedangkan pada siklus III dikategorikan sangat baik. Sebagian besar keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran dikategorikan baik. Sebanyak 67% dari jumlah siswa tertarik untuk belajar dengan langkah-langkah model pembelajaran ROPES sedangkan 33% lainnya tidak tertarik. Hasil belajar siswa secara individual meningkat 3% pada siklus I sampai siklus II sementara pada siklus II sampai siklus III meningkat 20%. Hasil belajar siswa secara klasikal meningkat 5% pada siklus I sampai siklus II sementara pada siklus II sampai siklus III meningkat 8%. Agar hasil pembelajaran yang menerapkan model pembelajaran ROPES sesuai dengan harapan, guru harus memegang prinsip-prinsip yang terdapat pada model tersebut.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH PENGGUNAAN KIT FISIKA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI ALAT-ALAT OPTIK DI SMA NEGERI 16 BANDA ACEH (Ferryana, 2016)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ATTENTION, RELEVANCE, CONFIDENCE, SATISFACTION (ARCS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI ALAT-ALAT OPTIK PADA KELAS X MIA 4 DI SMA NEGERI 1 BANDA ACEH (Novri Arna, 2017)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ROTATING TRIO EXCHANGE (RTE) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI ALAT OPTIK KELAS VIII 5 DI SMP NEGRI 18 BANDA ACEH (Mayangku Serungke S.yoga, 2016)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SELF-DIRECTED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X-MIPA 2 PADA MATERI ALAT-ALAT OPTIK DI SMA NEGERI 3 BANDA ACEH (Mairi Sukma, 2016)

PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN METODE PROBLEM SOLVING DAN PROBLEM POSING PADA MATERI ALAT-ALAT OPTIK DI SMP NEGERI 8 BANDA ACEH TAHUN AJARAN 2013/ 2014 (Emilia, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.